FOKUS: #PEMBELAJARAN ERA PANDEMI

Pemerintah Hentikan PTM Jika Siswa Terinfeksi Covid-19

Pelajar yang merupakan tim Satgas COVID-19 SMK Negeri 7 Surabaya memeriksa suhu tubuh tenaga pendidik sebelum memasuki SMK Negeri 7 Surabaya, Jawa Timur, Senin (30/8/2021). Pemprov Jawa Timur memulai pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas di 2.536 SMA/SMK dan SLB di 20 kabupaten/kota di Jawa Timur yang telah menerapkan PPKM Level 2 dan 3, sedangkan di wilayah PPKM level 4 kegiatan PTM secara terbatas belum digelar. ANTARA FOTO/Didik Suhartono

KBRN, Jakarta: Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengatakan, Pemerintah akan menghentikan kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas di sekolah selama tiga hari, jika pada pelaksanaannya ditemukan siswa terinfeksi Covid-19.

"Jika nanti ditemukan adanya siswa yang terinfeksi Covid-19, kegiatan PTM di sekolah tersebut akan dihentikan selama 3 hari," kata Wiku dalam konferensi pers virtual, seperti dikutip RRI.co.id, Selasa (31/8/2021).

Meski demikian, Wiku mengatakan, pelaksanaan PTM terbatas yang telah dilaksanakan di beberapa daerah pada level 1 hingga 3 seperti DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur berjalan lancar.

"Secara umum penyelenggaraan PTM terbatas sudah berjalan dengan baik dan ditemukan beberapa catatan terkait protokol kesehatan yang nantinya akan terus diperbaiki baik meliputi random testing, rekapitulasi laporan kasus Covid-19 maupun cakupan vaksinasi di satuan pendidikan," ujarnya.

Terkait vaksinasi, Wiku mengungkapkan, hasil survei menunjukkan bahwa mayoritas peserta didik memiliki kesadaran dan kemauan untuk berpartisipasi dalam porgram vaksinasi nasional.

Setidaknya, hingga 31 Agustus 2021 telah ada sebanyak 1,9 juta tenaga pendidik dan 1,7 juta anak usia 12 sampai 17 tahun yang tergolong usia pelajar telah divaksin dosis lengkap.

"Pemerintah memastikan bahwa vaksin yang digunakan aman, efektif, dan juga minim efek samping," pungkasnya. (Miechell Octovy Koagouw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00