Pujian Prabowo untuk Jokowi Soal Pertahanan

Foto: ist

KBRN, Jakarta: Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memuji keputusan Presiden Joko Widodo di bidang pertahanan sebagai langkah cemerlang. 

"Keputusan-keputusan beliau banyakkan cemerlang. Harus saya akui. Saya bukan ngotot ini," ucap Prabowo, seperti mengutip Detik, Jumat (22/10/2021).

Prabowo mengingatkan, kekuatan sebuah negara dan bangsa urgen dalam menjaga kekayaan dan kedaulatan negara.

"Beliau kasih komcad, beliau kasih anggaran terbesar pertahanan. Jadi semangat kita akan membangun Indonesia menjadi negara yang seharusnya," sambungnya.

Ia pun mengutip peribahasa latin si vis pacem, para bellum yang artinya jika kau mendambakan perdamaian, bersiap-siaplah menghadapi perang.

Menurutnya, Indonesia harus kuat agar dapat menjaga kekayaan demi kesejahteraan rakyat. Selain itu, membuat sistem yang baik sehingga kekayaan tersebut dapat terdistribusi kepada kaum papa.

"Kita berpikir dan berbuat kita harus membangun satu sistem, suatu mekanisme supaya kekayaan ini biar sampai ke rakyat yang paling miskin dan yang paling berhak," jelas Prabowo.

Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan Prabowo dan Jokowi kerap bertukar ide terkait pertahanan. Keduanya saling memutuskan ide-ide dan konsep untuk diimplementasikan.

"Jadi pada awal Pak Prabowo menjabat sebagai Menteri Pertahanan, Pak Prabowo kemudian dipanggil oleh Pak Jokowi. Nah, di situ kemudian konsep pertahanan itu adalah sharing antara ide Pak Jokowi yang kemudian ditambah oleh Pak Prabowo dan kemudian diimplementasikan di lapangan," ujarnya.

Dasco menilai pujian Prabowo ke Jokowi itu apa adanya. Hal itu terlihat dari hasil saat ini yang menjadikan kekuatan militer Indonesia berubah ke arah lebih baik.

"Sehingga apa yang disampaikan oleh Pak Prabowo itu tidak mengada-ada dan kita lihat hasilnya sekarang itu dengan kolaborasi dan ide-ide cemerlang yang kemudian diimplementasikan di lapangan. Kemarin kita sudah lihat bahwa kekuatan militer Indonesia itu di ASEAN ini dapat urutan paling baiklah," ujarnya.

Sedangkan Elite PDIP Hendrawan Supratikno memaknai pujian Prabowo kepada Jokowi itu sebagai penghargaan kepada Nawacita.

"Apa yang diputuskan Jokowi sebenarnya sudah ada dalam Nawacita jilid I dan II. Nawacita tersebut disusun dengan pelibatan narasumber dan masukan tokoh-tokoh nasional yang intensif. Ini berarti Pak Prabowo Subianto sangat menghargai dokumen tersebut," kata Hendrawan.

Menurut Prabowo, Indonesia cukup kaya tercermin dari posisi RI di peringkat 16-17 ekonomi global. Program yang dicanangkan Jokowi dinilai sesuai dengan tantangan ke depan.

"Ini berarti persepsi geopolitik Presiden dan program-program sektor hankam (pertahanan dan keamanan) ke depan, menurut Pak Prabowo, sangat sesuai dengan tantangan dinamika politik global dan kawasan," ujarnya.

Hendrawan meyakini PDIP juga ikut senang karena Prabowo telah menjalankan program pertahanan yang dicanangkan Jokowi. Prabowo diketahui menjabat sebagai Menhan sejak Jokowi menjadi Presiden periode kedua.

"Kita tentu gembira menyaksikan narasi besar di bidang pertahanan dapat dijalankan oleh Kemenhan," imbuhnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00