FOKUS: #PEMBELAJARAN ERA PANDEMI

Sukses ANBK Usai Mengarungi Sungai Habitat Buaya

Semangat siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN) Ciloma untuk belajar sangat besar. Perjuangan mengikuti Ujian Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SMPN 1 Cibitung yang penuh resiko ancaman tenggelam di sungai yang merupakan habitat buaya. Namun proses ANBK ternyata berjalan lancar tanpa kendala. (Dok. Rizki Supermana/RRI)

KBRN, Sukabumi: Semangat siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN) Ciloma untuk belajar sangat besar.

Perjuangan mengikuti Ujian Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SMPN 1 Cibitung yang penuh resiko ancaman tenggelam di sungai yang merupakan habitat buaya.

Guru honorer SDN Ciloma, Latif, menyatakan, pelaksanaan ANBK untuk 18 muridnya berjalan lancar pada pelaksanaan hari pertama.

Para murid SDN Ciloma bersiap turun dari perahu. (Rizki Supermana/RRI)

Seperti diketahui, ANBK merupakan kebijakan Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim, untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa dan siswi.

BACA JUGA: Murid SDN Ciloma, Mengarungi Sungai Habitat Buaya

"Berjalan lancar Alhamdulillah, meski melalui perahu satu jam perjalanan, kadang ada buaya, dan juga menginap di rumah Kepala Sekolah, Pak Wahyudin, proses ANBK lancar untuk hari ini," ungkap Latif kepada RRI.co.id di SMPN 1 Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (24/11/2021).

Salah seorang murid kelas V SDN Ciloma, Fahmi, menyatakan semangat mengikuti ANBK, meskipun ada beberapa soal yang sulit dikerjakan.

Kegiatan ANBK para murid SDN Ciloma akhirnya berjalan lancar tanpa kendala. (Rizki Supermana/RRI)

"Bisa pak, sudah gladi sebelumnya. Persiapan juga saat menginap di rumah kepala sekolah semalam," kata Fahmi.

BACA JUGA: Perjuangan Guru dan Murid Mengarungi Sungai Cikaso

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 1 Cibitung, Muhidin, yang menyediakan fasilitas laptop untuk ANBK, memastikan, persiapan memang sangat matang, dan dilakukan sejak jauh hari sebelumnya, supaya program pemerintah ini berjalan lancar.

Jaringan internet dan listrik dipastikan stabil untuk mendukung siswa-siswi yang mengikuti ANBK di sekolahnya berjalan lancar. (Miechell Octovy Koagouw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar