Pangkostrad Baru, TB Hasanuddin: Lihat Prestasinya

Anggota Komisi I DPR RI, Mayjen TNI (Purn) TB Hasanuddin (foto:istimewa)

KBRN, Jakarta: Anggota Komisi I DPR RI, Mayjen TNI (Purn) TB Hasanuddin mengatakan bahwa penilaian untuk seorang Pangkostrad yang baru tidak boleh berfikir jelek dan harus dilihat dari prestasinya.

Diketahui bahwa pengangkatan Letjen Maruli Simanjuntak menjadi Pangkostrad sempat disangkut pautkan kepada keluarga besarnya. Hal tersebut karena ia merupakan menantu dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia, Jenderal TNI (HOR) Luhut Binsar Panjaitan.

"Jangan soudzon, Jenderal Maruli Simanjuntak itu pernah menjabat di sejumlah kesatuan dan itu baik-baik saja, Jadi jangan melihat dia keluarga siapa, lihatlah prestasinya," kata TB Hasanuddin, melalui wawancara Pro3RRI, Senin (24/1/2022).

TB juga mengatakan bahwa penunjukkan dan penilaian yang diberikan kepada Pangkostrad Maruli sudah sesuai prosedur yang benar. 

"Semua satu persatu dilihat apakah seseorang sudah memenuhi persyaratan terutama yang dipromosikan itu dilhat dan direkamkan jejaknya, kemudian prestasinya selama menjabat, dan dilihat pengalamannya," kata TB. 

"Artinya semuanya, sudah sesuai dengan rekam jejak, prestasi dan pengalaman termasuk mayjen maruli," tambahnya.

Ia menjelaskan bahwa tugas Pangkostrad sendiri yakni mampu melatih para prajuritnya untuk siap tempur dimana saja dan kapan saja. 

"Jadi berlatih, berlatih dan siap ditugaskan dimanapun di wilayah Republik Indonesia, dan memang sebagai seorang pasukan kostrad memang seperti itu tugasnya, jadi kesiapsiagaan 24 jam," jelas TB.

Maka dari itu, untuk kedepannya TB berharap Pangkostrad dapat menyiapkan segala pengamanan dan pelatihan untuk menghadapi segala situasi. Terutama untuk menghadapi pemilu kedepanya.

"Kedepan itu akan banyak pengamanan, dan tugas TNI adalah membantu pengamanan yang dilaksanakan oleh polri tentu kesiapan TNI tulang punggunya adalah salah satunya kostrad untuk disupply ke seluruh wilayah RI," jelasnya kembali.

"Tentu tugas pangkostrad menyiapkan itu, dan saya berharap tidak masuk ke ranah politik." tutupnya.

Sebagai informasi, Letnan Jenderal Maruli Simanjuntak akhirnya resmi menjabat sebagai Panglima Kostrad (Pangkostrad) pada 21 Januari 2022 lalu. 

Pengangkatan Maruli sebagai Pangkostrad diresmikan berdasarkan surat Keputusan nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI. SK diteken Jenderal TNI Andika Perkasa.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar