Jumlah Penunpang KA dari Jakarta Masih Tinggi

Seorang penumpang KA Argo Anggrek Malam tujuan Surabaya persiapan berangkat dari Stasiun Jakarta Gambir (Eko Sulestyono)
KA Argo Anggrek Malam berangkat Jakarta Gambir tujuan Surabaya Pasar Turi PP (Eko Sulestyono)

KBRN, Jakarta : Jumlah penumpang yang bersangkat menggunakan sarana angkutan Kereta Api (KA) dari semua stasiun keberangkatan di wilayah PT KAI Daerah Operasi (DAOP) 1 Jakarta, hari ini mencapai 4.241 orang. 

Meski waktu libur panjang/cuti bersama telah habis, namun penumpang yang berangkat dari Jakarta dengan tujuan ke berbagai daerah di Pulau Jawa masih tetap tinggi. 

Pantauan RRI.co.id, salah satu penumpang KA Argo Anggrek malam tujuan akhir Stasiun Surabaya Pasar Turi bernama Sofyan Hadi mengaku dirinya datang Jakarta bukan untuk berlibur, namun hanya menjenguk keluarganya yang kebetulan sudah lama tinggal dan menetap di Jakarta. 

“Saya kapan hari berangkat dari Surabaya ke Jakarta tujuannya hanya menjenguk keluarga, selama disini (Jakarta) saya gak kemana-mana, hanya berkunjung ke tempat saudara saja, nah hari ini saya mau pulang naik KA Argo Anggrek malam tujuan akhir Surabaya Gubeng, menurut jadwal kereta akan berangkat pukul setengah delapan (20:30 WIB) malam, paling sampai Surabaya sekitar setengah lima (05:30 WIB),” kata Sofyan Hadi saat berbincang dengan RRI di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (31/10/2020). 

Sementara itu, berdasarkan data Humas KAI Daop 1 Jakarta, jumlah volume keberangkatan penumpang menggunakan sarana angkutan Kereta Api (KA) di wilayah DAOP 1 Jakarta totalnya mencapai 4.241 orang atau sebesar 53,5 persen dari total kapasitas tempat duduk yang mencapai 7.942 dengan 17 rangkaian KA.

Perinciannya dari Stasiun Gambir, jumlah KA berangkat ada 7 KA dengan tempat duduk yang tersedia sebanyak 2.321 dan volume jumlah penumpang sebanyak 1.356 orang. 

Kemudian yang berangkat dari Stasiun Jakarta Pasar Senen, jumlah KA berangkat ada 9 KA dengan tempat duduk tersedia sebanyak 5.099 sedangkan volume jumlah penumpang mencapai 2.460 orang. 

Sedangkan keberangkatan KA dari Stasiun Jakarta Kota, jumlah KA yang berangkat hanya 1 KA dengan tempat duduk tersedia sebanyak 504, sedangkan volume jumlah penumpang mencapai 425 orang. 

Sementara itu, kota tujuan favorit penumpang KA dari Jakarta paling banyak ke Yogyakarta (DIY), kemudian Purwokerto (Jawa Tengah dan Bandung (Jawa Barat).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00