Ditunjuk Jokowi Jadi Kapolri, Listyo Sempat Mengelak

Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo saat konferensi pers di Gedung Bareskrim, Jakarta Selatan, Kamis (17/9/2020).(Dok. Divisi Humas Polri).jpg

KBRN, Jakarta: Kabareskrim Polri, Komjen Listyo Sigit Prabowo, resmi diajukan Presiden Joko Widodo (Jokowi), sebagai calon tunggal Kapolri ke DPR RI.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani dalam konferensi persnya, Rabu (13/1/2021).

"Surpres telah kami terima dari bapak Presiden yang mana bapak Presiden menyampaikan usulan pejabat Polri ke depan dengan nama tunggal yaitu, bapak Drs Listyo Sigit Prabowo," ungkapnya kepada wartawan, Rabu (13/1/2021).

Namun siapa sangka, sehari sebelumnya ia sempat menanggapi isu namanya yang beredar di masyarakat sebagai calon Kapolri.

Baca Juga: Calon Kapolri Listyo Punya Kedekatan dengan Jokowi

Listyo mengaku tak tahu menahu soal namanya disebut sebagai calon Kapolri. Ia bahkan sempat menyatakan, jika pemberitaan yang beredar itu hoaks.

"Saya tidak tahu kenapa tiba-tiba isu itu muncul, karena tidak jelas sumbernya jadi saya bilang itu hoaks saja, " ujar Listyo,  Selasa (12/1/2021).

Listyo mengatakan, yang terpenting untuknya adalah bagaimana Bareskrim Polri dapat terus bekerja secara profesional. 

Baca Juga: Resmi, Jokowi Pilih Listyo Sigit Jadi Kapolri

"Melakukan pembenahan internal agar bisa melakukan penegakan hukum secara tegas, humanis, transparan, memberikan rasa aman serta kepastian hukum dan rasa adil untuk masyarakat, " kata dia. 

Seperti yang diketahui, Kapolri Jenderal Idham Azis akan memasuki masa pensiun 1 Februari 2020 mendatang. Sesuai dengan prosedur, Presiden akan menunjuk Kapolri baru dan menyerahkan namannya ke DPR untuk menjalani tes kelayakan.

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md selaku Ketua Kompolnas, sebelumnya juga menyerahkan lima nama calon Kapolri pengganti Idham Azis kepada Jokowi.

Kelima calon Kapolri ini adalah Komjen Gatot Edy Pramono, Komjen Boy Rafly Amar, Komjen Listyo Sigit Prabowo, Komjen Arief Sulistyanto, dan Komjen Agus Andrianto. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00