Presiden Ungkap Pentingnya Air di NTT

KBRN, Sikka: Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa keberadaan air menjadi faktor penting untuk kemakmuran di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Hal itu dikarenakan, air menjadi sumber daya yang sangat dibutuhkan untuk mendorong potensi daerah tersebut, khususnya pertanian, perkebunan, peternakan, dan lain-lain. 

Karenanya, Jokowi mengatakan bahwa keputusan pemerintah daerah di NTT meminta dibuatkan bendungan di NTT adalah hal yang sangat tepat.

"Begitu ada air, semua bisa ditanam. Tanaman tumbuh, buahnya diambil, daunnya bisa dipakai untuk peternakan karena NTT juga sangat bagus untuk sektor peternakan," ujar Jokowi dalam sambutan di Peresmian Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka, NTT pada Selasa (23/2/2021). 

"Tadi Pak Gubernur NTT menyampaikan di Kabupaten Sumba, Sumba Tengah dulu banyak ekspor sapi ke Hing Kong. Kok berhenti? Karena kecukupan airnya kurang," ujarnya.

Untuk diketahui, pemerintah berencana membangun setidaknya 7 bendungan di Provinsi NTT. Hingga kini setidaknya sudah ada tiga bendungan yang beroperasi, yaitu Bendungan Raknamo, Bendungan Rotiklot, dan Bendungan Napun Gete. Hanya saja, Presiden Jokowi menuturkan bahwa Gubernur NTT Victor Lasikodat meminta tambahan dua bendungan lagi ke pemerintah pusat. 

"Padahal di provinsi lain paling banyak dua atau satu bendungan. Tapi di sini (NTT) sangat dibutuhka memang," tambahnya.

Jokowi pun memerintahkan kepada seluruh kepala daerah di NTT untuk bisa bekerja lebih optimal, terlebih jika semua infrastruktur air sudah resmi beroperasi seluruhnya. Menurutnya, pembangunan infrastruktur air harus membawa dampak positif bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat di NTT. 

"Saya yakin, NTT tidak lama akan makmur, dan tidak jadi provinsi yang di negara kita kategorinya provinsi yang kurang. Kita lihat nanti kalau bendungannya sudah selesei (semua)," tukasnya.

Sebelumnya, pembuatan Bendungan Napun Gete menghabiskan dana sekita Rp800 miliar. Bendungan tersebut memiliki daya tampung air mencapai 11 juta meter kubik tidak jauh dari daya tampung Bendungan Raknamo. Bendungan Napun Gete akan mengairi setidaknya 300 hektar area irigasi di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00