Yan Siapkan Strategi Menghentikan KKB

Anggota Komisi Satu DPR RI Yan Permenas Mandenas (foto:istimewa)

KBRN, Jakarta: Anggota Komisi I DPR RI Yan Permenas Mandenas menjelaskan akan membahas pro kontra isu Otsus selain penanganan Covid-19, saat bertatap muka dengan Panglima Kodam 17 Cendrawasih. 

"Agenda reses kami di Jayapura yakni bertatap muka dengan Panglima Kodam 17 Cendrawasih dalam membahas isu-isu terkait dengan penanganan Covid-19 dan pelaksanaan vaksinasi Covid-19," jelas Yan melalui wawancara Pro3, Kamis (25/2/2021).

"Selain itu, kami juga akan membahas mengenai isu otonomi khusus yang sedang di revisi sekaligus menimbulkan pro kontra di Papua," tambahnya.

Dalam kunjungannya, Yan berharap panglima Kodam di daerah tersebut dapat terus membantu memberikan dukungan dan sumbang satu pemikiran kepada pemerintah daerah dan  masyarakat Papua. Hal tersebut dilakukan agar Otsus ini tidak dipolemikkan, dan bisa memberikan ruang untuk Pemda atau masyarakat untuk dapat menyampaikan pikiran agar terakomodiasi dalam pembahasan di DPR RI nanti. 

Selain itu, Yan juga mengatakan reses ini membahas soal isu konflik yang terus mengalami peningkatan dan berencana menyiapkan sebuah strategi untuk menghentikan aktivitas KKB di perbatasan.   

"Kami juga membahas strategi yang tepat untuk penanganan wilayah-wilayah konflik agar tidak melebar kemana-mana dan KKB bisa dihentikan pergerakan mereka, yang selama ini mengganggu mobilitas di daerah dan mengganggu aktivitas masyarakat di wilayah tersebut," jelas Yan kembali. 

Pembahasan penanganan kawasan perbatasan tersebut tidak hanya akan dibahas sendiri, Yan akan bekerja sama dengan Wali Kota Jayapura, Kepala Badan Pengelola Perbatasan dan juga dua kepala suku yang tinggal di perbatasan di Jayapura.

"Mengapa hal ini kami bahas, karena perbatasan ini menjadi perhatian pemerintah dan menarik, sehingga kami mengharapkan bagi masyarakat perbatasan benar-benar mendapatkan penanganan yang sangat khusus," pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00