FOKUS: #VAKSIN COVID-19

[Cek Fakta] Berikut Kumpulan Hoaks Vaksin Corona

Foto: ilustrasi

KBRN, Jakarta: Pandemi covid-19 di Indonesia saat ini sudah berjalan selama satu tahun. Upaya vaksinasi Covid-19 terus dilakukan, namun sampai saat ini masih ada hoaks terkait kabar tersebut.

Menghimpun berbagai sumber, berikut beberapa hoax soal vaksin Covid-19:

1. Memperbesar Ukuran Alat Kelamin Pria

Kabar mengenai hal ini sempat menjadi sorotan usai tersebarnya jurnal vaksin Covid-19 dalam bahasa Inggris yang mengatakan vaksinasi dapat memperpanjang ukuran alat kelamin pria hingga 5-7 sentimeter. 

Mendengar kabar tersebut, juru bicara vaksinasi Covid-19 dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Lucia Rizka Andalusia, pun langsung mengkalim kabar tersebut hoax.

2. Jadi buaya

Presiden Brasil Jair Bolsonaro menyatakan bahwa vaksin Covid-19 dapat mengubah seseorang menjadi buaya.Padahal, vaksin tersebut telah menjalani uji klinis di Brasil hingga berminggu-minggu.

Lebih lanjut, Bolsonaro turut mengungkapkan bahwa dirinya bersikeras bahwa ia tidak akan menerima vaksinasi lantaran ia telah memiliki antibodi. 

Meski demikian, berdasarkan keputusan Mahkamah Agung Brasil, vaksinasi tetap wajib untuk dilakukan.

3. Membuat mandul

Kabar lainnya yang beredar di media sosial terkait vaksin Covid-19 adalah vaksin Pfizer dapat menyebabkan mandul. 

Hoax ini muncul dalam sebuah artikel yang dimuat pada blog bernama Health and Money News yang mengatakan bahwa vaksin Covid-19 mengandung bahan-bahan yang bisa membuat tubuh wanita menyerang protein penting untuk perkembangan plasenta.

Menurut Saad Omer, seorang pakar vaksin di Universitas Yale, apa yang dikatakan oleh Yodon merupakan sebuah mitos yang tidak akurat. 

Sebab, uji coba vaksin Covid-19 telah melalui berbagai proses ketat guna mencegah segala risiko yang terjadi pasca penyuntikan. (MDS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00