KPU Targetkan Partisipasi Pemilih Pilgub 80 Persen

KBRN, Bengkulu: Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu menargetkan tingkat partisipasi pemilih di atas 80 persen dalam Pilkada serentak, tepatnya pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu pada 9 Desember 2020.

“Jika pada pemilu legislatif (pileg) dan pemilu presiden (Pilpres), angka persentase pemilih di atas 75 persen dari total seluruh mata pilih yang ada di Provinsi Bengkulu. Untuk Pilgub tahun ini, ditargetkan angka partisipasi pemilih di atas 80 persen,” ungkap Anggota Divisi Data dan Perencanaan KPU Provinsi Bengkulu Siti Baroroh, dalam keterangannya.

Menurut Baroroh, sesuai dengan target KPU pusat, angka persentase tingkat pemilih, setiap pemilu bisa meningkat. Apalagi diketahui saat ini di tengah pandemi, pihaknya selaku penyelenggara memberikan jaminan keamanan bagi pemilih untuk memberikan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Jika target bisa tercapai, menandakan penyelenggaraan demokrasi di Bengkulu semakin baik. Makanya upaya untuk meningkatkan tingkat partisipasi pemilih di tengah pandemi, hingga kini masih terus dilakukan dan pematangan persiapan waktu pelaksanaan hari H pencoblosan,” ujarnya pada Sabtu, (31/10/2020).

Lebih lanjut ditambahkan, persiapan yang dilakukan pihaknya mulai dari tahapan hingga hari H pencoblosan, akan menerapkan protokoler kesehatan (prokes) Covid-19 yang ketat.

Bahkan terkait aturan khusus yang di buat di TPS, wajib dipatuhi seperti, menjaga jarak. Lalu pihaknya menyiapkan thermo gun untuk mengecek suhu tubuh pemilih. Kemudian disiapkan tempat cuci tangan, dilakukan penyemprotan desinfektan secara berkala oleh petugas KPPS. Termasuk juga disiapkan sarung tangan.

Selanjutnya, bagi pemilih yang suhu tubuhnya di atas 37 derajat, ada bilik khusus. Begitu juga, seluruh panitia KPPS di rapid test terlebih dahulu, serta memakai masker.

“Dengan sosialisasi secara intens yang kita lakukan serta penerapan prokes Covid-19 sesuai aturan PKPU Nomor 6 tahun 2020, kita yakin angka partisipasi pemilih akan meningkat,” tukas Baroroh.

Sementara untuk diketahui, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Provinsi Bengkulu ada sebanyak 1.374.430 pemilih dengan jumlah pemilih laki-laki sebanyak 695.761 dan perempuan 678.669, yang tersebar di 4.341 TPS di Provinsi Bengkulu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00