Penetapan Pemenang Pilkada Kalsel Ditunda jika Digugat

KBRN, Jakarta: Penetapan pemenang Pilkada Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) ditunda jika pasangan Denny Indrayana-Difriadi Darjat benar-benar mengajukan gugatan atas rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Ketua KPU Kalsel, Sarmuji menekankan, penghitungan hasil Pilkada yang memenangkan pasangan calon (paslon) Sahbirin Noor-Muhidin sudah melalui proses yang panjang sejak rekapitulasi tingkat TPS, kecamatan, kabupaten/kota hingga rapat pleno terbuka di provinsi. Namun jika terjadi sengketa ke MK terkait hasil yang sudah ditetapkan tersebut, penetapan pemenang Pilkada Kalsel akan ditunda hingga ada keputusan MK.

"Bagaimana putusan MK, apakah ditolak atau lakukan apa, akan kita laksanakan, selambatnya 5 hari sesudah putusan MK tersebut," kata Sarmuji seperti dikutip dari Antara, Sabtu (19/18/2020).

Perlu diketahui, KPU Kalsel menetapkan total perolehan suara pasangan Sahbirin-Muhidin sebanyak 851.822 suara atau 50.24 persen. Sementara pasangan nomor urut 2, Denny Indrayana-Difriadi Derajat mengantongi 843.695 suara atau 49.76 persen.

Perolehan suara kedua pasangan calon itu hanya selisih 8.127 suara. Artinya, selisih perolehan kedua pasangan calon tersebut tidak sampai 1 persen. Total surat suara sah sebanyak 1.695.517 suara.

Sebelumnya, Denny Indrayana menduga ada sejumlah kecurangan dalam penghitungan suara Pilkada Kalsel 2020. Ia curiga sejumlah anggota KPPS melakukan hal yang tidak semestinya.

Denny mengaku para saksinya kesulitan mendapatkan salinan hasil penghitungan suara di tingkat TPS. Bahkan harus berdebat dulu dengan petugas di TPS.

Maka dari itu, Denny pun berencana untuk membawa sengketa Pilkada ini ke MK.

Terkait itu, Sarmuji mengatakan, apabila tak ada gugatan dalam tiga hari setelah rapat pleno ini selesai, pasangan calon yang mendapatkan suara tertinggi akan ditetapkan sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih.

Adapun rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara di Pilkada Kalsel 2020, di Hotel Golden Tulip, Jumat (18/12).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00