Resmi Dilantik, Ini Profil Gibran Rakabuming-Teguh

Gibran Teguh (foto:istimewa)

KBRN, Jakarta: Putra sulung Presiden Joko Widodo yakni Gibran Rakabuming Raka dan wakilnya Teguh Prakosa, resmi dilantik menjadi Wali Kota Solo, Jawa Tengah pada hari ini, Jumat (26/2/2021). 

Bersamaan dengan itu sang istri Selvi Ananda juga turut dilantik sebagai Ketua PKK dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda). Pelantikan dipimpin oleh istri Ganjar,Atikoh Ganjar Pranowo selaku Ketua PKK dan Dekranasda Provinsi Jawa Tengah.

Ketiganya dilantik di ditempat yang bersamaan yakni di Graha Paripurna DPRD Kota Solo, sekitar pukul 08.30 WIB. Lalu bagaimana latar belakang ketiganya? Berikut ulasannya.

1. Gibran Rakabuming Raka 

Gibran lahir di Solo, 1 Oktober 1987, saat ini umur Gibran masih 33 tahun. Nama Gibran cukup terkenal di dunia bisnis, ia merupakan seorang pengusaha Indonesia, sejak Desember 2010, ia membuka usaha katering yang diberi nama Chilli Pari.

Ia juga merupakan pendiri perusahaan kuliner martabak yang disebut Markobar. Putra sulung dari Joko Widodo, sejak kecil Gibran sudah menetap di Solo, tetapi saat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dirinya pindah ke Singapura untuk melanjutkan sekolah setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) pada tahun 2002 di Orchid Park Secondary School, Singapura. 

Selanjutnya pada tahun 2007 Gibran lulus dari Management Development Institute of Singapore (MDIS) dan melanjutkan studinya ke program Insearch di University of Technology Sydney (UTS Insearch), Sydney, Australia hingga lulus pada tahun 2010. Ia menjabat sebagai ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo.

Pada 11 Juni 2015, Gibran menikahi mantan putri Solo yang bernama Selvi Ananda. Setahun setelahnya, Selvi melahirkan seorang anak laki-laki yang dinamai Jan Ethes Srinarendra.

Kemudian, pada 15 November 2019, Gibran dan Selvi dikaruniai anak kedua perempuan bernama La Lembah Manah.

Gibran mendirikan sebuah aplikasi pencari pekerja lepas dan paruh waktu yang bernama Kerjaholic pada Juni 2018 bersama Leonard Hidayat, Josh Ching, Michael, Daniel Hidayat. Kerjaholic adalah sebuah aplikasi yang bisa menghubungkan para pencari kerja dengan pihak-pihak yang sedang mencari pekerja lepas dan paruh waktu.

2. Teguh Prakosa

Pria kelahiran Surakarta 10 November 1958 itu merupakan kader senior PDIP Solo. Ia pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Solo pada periode 2014-2019, di mana sebelumnya menduduki posisi Ketua Komisi IV DPRD Solo.

Sebelum menjadi seorang politisi, Teguh merupakan seorang guru olahraga di SMK Bhineka Karya Solo pada 1986 sampai 2009.

3. Selvi Ananda Putri

Nama Selvi Ananda Putri melejit setelah banyak beredar berita mengenai dirinya sebagai calon menantu Presiden Republik Indonesia ke 7, Joko Widodo. Perempuan kelahiran 9 Januari 1989 ini merupakan anak bungsu dari pasangan Sri Partini dan Didit Supriyadi. Selvi lahir dan besar di kota kelahirannya, Surakarta.

Setelah lulus dari SMAN 1 Surakarta, Selvi melanjutkan jenjang pendidikannya di STIE-AUB, Solo. Dara cantik berusia 26 tahun ini merupakan sarjana Akuntansi yang berhasil menyelesaikan studinya selama 4 tahun, terhitung dari tahun 2007 hingga 2011. Dia lulus dengan predikat memuaskan, dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3,4. Dari sana, Selvi bekerja di sebuah bank swasta, yakni Bank Panin.

Selama menjalankan masa perkuliahannya, Selvi dikenal sebagai mahasiswi yang aktif. Salah satu kegiatan yang pernah dijalankannya adalah menjadi pembawa acara (presenter) di sebuah stasiun TV lokal, TATV (Terang Abadi TV). Selvi termasuk mahasiswi yang cerdas dan pandai bergaul.

Selain itu, dirinya juga pernah mengikuti pemilihan putra-putri daerah, yakni Putra Putri Solo. Selvi sempat mengikuti ajang ini di tahun 2007 namun gagal menjadi pemenang, sehingga di tahun 2009 dia mencoba lagi mengikuti kompetisi tersebut.

Di tahun 2009 itu lah, Selvi bertemu dengan putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. Saat itu, Gibran merupakan juri dalam pemilihan tersebut. Keduanya semakin dekat ketika Selvi ditugaskan sebagai duta pariwisata Kota Solo di Singapura. Mereka pun resmi menjalin kasih di tahun 2010 hingga akhirnya menikah pada 11 Juni 2015 silam. (MDS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00