Yan: Pembangunan Palapa Ring Papua Ditargetkan Agustus

KBRN, Jakarta: Anggota Komisi I DPR RI, Yan Parmenas Mandena berharap pembangunan proyek strategis Nasional Palapa Ring Timur di Kabupaten Paniai Papua, selesai pada Agustus 2021 mendatang.

"Kita usahakan selesai ditahun ini, kita targetkan di tanggal 17 Agustus 2021 itu diupayakan sudah selesai, kalau tidak paling lambat di tahun ini atau sebelum akhir tahun karena tergantung kondisi, cuaca dan kendala yang ada dilapangan nanti," ujar Yan melalui wawancara Pro3, Jumat (16/3/2021).

Yan juga mengatakan, pihaknya akan terus mendorong Kementerian Kominfo untuk mempercepat pembangunan akses telekomunikasi di seluruh daerah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal), baik Papua maupun di wilayah Indonesia lainnya.

"Kita usahakan pembangunan ini cepat selesai, sehingga daerah 3T yang berada di Papua bisa terkoneksi dengan jaringan telekomunikasi internet khususnya jaringan 4G dan juga bisa terkoneksi dengan listrik 24 jam, karena itu sasaran kunjungan kita saat ini," kata Yan.

Ia menjelaskan, bahwa diketahui selama ini di wilayah Kabupaten Paniai sendiri, jaringan listrik hanya beroperasi sekitar 12 jam hingga 16 jam selama sehari. Hal tersebut dikarenakan mesin pembangkit listrik yang ada di wilayah tersebut terbilang sudah lama. 

Tidak hanya itu, bahkan jaringan internet pun sulit didapatkan oleh masyarakat yang berada di wilayah tersebut. 

"Listriknya selama ini hanya menyala 16 jam, karena memang mesin pembangkitnya terbatas dan memang mesin lama semua yang terdapat disini, jadi tidak bisa menampung kebutuhan listrik dan internet masyarakat disini," jelas Yan. 

Maka dari itu, dari kunjungan kali ini, Yan berharap pembangunan Pala Ring tersebut cepat selesai dan bisa dimanfaatkan masyarakat untuk menyambung kabel jaringan internet untuk kebutuhan masyarakat disana. 

"Jadi kami upayakan dengan pembangunan Pala Ring Timur di Kabupaten Paniai ini, kita harapkan sudah bisa dimanfaatkan oleh operator seluler dan Telkom untuk menyambungkan kabel serat optik sehingga bisa membantu sambungan operasional jaringan 4G dalam rangka mendorong percepatan pembangunan dan transaksi informasi melalui media elektroknik dan pemanfaatan teknologi di wilayah 3T tersebut," pungkas Yan.  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00