Yan: Wisata Paniai Tidak Kalah Menakjubkan

Anggota Komisi I DPR RI, Yan Parmenas Mandena (foto:istimewa)

KBRN, Jakarta: Anggota Komisi I DPR RI, Yan Parmenas Mandena mengatakan, selain fokus pada jaringan listrik dan internet, pemerintah juga akan fokus kepada pembangunan infrastruktur dan pengembangan pariwisata di Kabupaten Paniai, Papua.

"Yang lainnya lebih kepada pembangunan infrastruktur dan pengembangan pariwisata khususnya di danau," kata Yan melalui wawancara Pro3, Jumat (16/4/2021).

Yan menjelaskan, bahwa di Kabupaten Paniai sendiri banyak pariwisata yang menakjubkan termasuk pada wisata gunung dan danau. Hanya saja belum bisa berjalan dengan baik selama ini. 

"Kota wisata di Paniai ini ada wisata gunung dan danau, gunungnya berada di ketinggian 5 ribu kaki diatas permukaan laut dan danaunya juga tidak kalah penting seperti negara Eropa," jelas Yan. 

Wisata tersebut menurutnya juga merupakan suatu aspek budaya yang unik. Dan ia berharap adanya pengembangan dalam kedua wisata tersebut. 

"Wisata tersebut hanya saja butuh pengembangan dan penataan saja oleh pemerintah dan juga didukung oleh pemerintah pusat saya yakin nantinya jaringan travel yang berada di pelosok tanah air maupun luar negeri bisa menarik kunjungan wisata," ujarnya. 

Selain wisata, Bupati Paniai sendiri hingga sampai saat ini berusaha untuk mengembangkan ekonomi masyarakat dengan bercocok tanam. Hal tersebut dilakukan agar bisa mengajak masyarakat sekitar untuk mengembangkan kopi sampai kepasaran.

"Target Bupati Paniai mengajak masyarakat agar bercocok tanam untuk mengembangkan tanaman kopi, ini sekaligus mengembangkan secara industri," kata ia.

"Karena kopinya juga sangat enak, jadi saya fitkir jika terus dikembangkan maka akan bisa beredar di pasaran lokal maupun internasional," pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00