Tagih Janji Kampanye Gubernur, #KamuHarusTagih Disuarakan

Istimewa

KBRN, Jakarta: Janji-janji kampanye dari Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) ditagih oleh Generasi Melek Politik.

Webinar perdana yang bertajuk #KamuHarusTagih, Menagih Janji Para Pemimpin Daerah dilangsungkan secara daring melalui Zoom, beberapa waktu lalu. Realisasi program kerja Pemprov Sulteng, khususnya di bidang lingkungan, selama 9 bulan pertama masa jabatan pun dibahas bersama Turun Tangan Palu, YLBH APIK Sulteng, Yayasan Sikola Mombine, JATAM Sulteng, Seangle, dan Sulteng Bergerak.

“Permasalahan di Palu nih fokusnya sampah, banyak yang masih sering buang sampah sembarangan karena katanya lokasi pembuangan sampah cenderung jauh,” sesal perwakilan dari Turun Tangan Palu, Inggit Setiawan sebagaimana keterangan yang diterima, Jumat (3/12/2021).

Pada kesempatan itu, Generasi Melek Politik juga memaparkan hasil survey untuk menilai kepuasan anak muda Sulawesi Tengah terhadap kinerja Gubernur Sulawesi Tengah periode 2021-2024, Rusdy Mastura. 

Berdasarkan hasil survei, 7 dari 10 responden di Sulteng mengaku belum melihat pemerintah daerah dalam menyelesaikan isu lingkungan. 

Sayangnya, pihak Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah mengkonfirmasi hadir, namun hingga akhir acara, baik Gubernur, Wakil Gubernur, mapun perwakilannya tidak hadir dalam forum “menagih janji” ini.

Serupa dengan pernyataan Inggit, Greafi dari Seangle pun menungkapkan hal yang serupa. 

“Seangle tahun lalu udah nanya ke pemerintah soal langkah konkret terkait pengelolaan sampah. Tapi sejauh ini belum ada respon,” ungkapnya. 

Moh. Tauhid dari JATAM Sulteng juga menyayangkan sikap pemerintah setempat mengenai penceraman lingkungan yang diakibatkan oleh aktivitas tambang. Selain itu, permasalahan Limbah Tailing yang akan diproses di Laut Morowali juga dinilai akan memperparah pencemaran laut dan berpotensi merusak ekosistem laut. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar