RDP Pemilu, Komisi II Sudah Ada Jadwal

Ilustrasi Pemilu ( ANTARA / Ridwan Triatmodjo )

KBRN, Jakarta: Harapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI agar Komisi II DPR RI menyelenggarakan rapat dengar pendapat (RDP), demi membahas rancangan Peraturan KPU tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Pemilu 2024 belum terpenuhi.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Luqman Hakim mengatakan, penyelenggaraan RDP di tanggal 7 Desember sebagaimana permintaan KPU terbentur agenda lain.

"Di Komisi (II) sudah ada jadwal di tanggal 6, 7, 8, sudah terjadwal agenda," katanya kepada wartawan, ditulis Jum'at (3/12/2021).

Namun dipastikannya, Komisi II akan mengagendakan RDP bersama KPU pada kesempatan yang lain.

"Biasa itu, mitra mengajukan usulan rapat, waktu disesuiakan itu kan biasa, nggak mesti sama dengan permohonan," ujarnya.

Sebelumnya, Komisioner KPU RI Pramono Ubaid Tanthowi mengaku telah menyurati Komisi II DPR agar menindaklanjuti pembahasan jadwal Pemilu 2024.

Dalam surat tersebut, KPU berharap RDP dapat diselenggarakan pada tanggal 7 Desember atau setidak-tidaknya sebelum memasuki masa reses, menyesuaikan dengan agenda Kemendagri dan Komisi II.

Terkait itu, Luqman mengatakan KPU telah melakukan langkah maju.

"Saya lihat itu langkah maju. Karena teman-teman KPU sudah ada rencana yang matang, ini sebuah kemajuan dan semoga ini mendekati arah pasti penetapan tanggal Pemilu," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar