KPU Ungkap Dampak IKN Nusantara Pada Pemilu

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy

KBRN, Jakarta: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari menjelaskan konsekuensi keberadaan IKN Nusantara terhadap Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024. Hasyim menyebut keberadaan IKN Nusantara akan berdampak terhadap daerah pemilihan (dapil) untuk Pileg DPR RI, DPRD provinsi, dan kabupaten/kota di Kalimantan Timur.

"Pertanyaannya IKN provinsi atau bukan? Kalau provinsi, masuk kategori otonomi atau tidak? Di Undang-Undang IKN dijelaskan yang akan ada pemilu di sana pemilu presiden, pemilu DPR, dan pemilu DPD. Dengan begitu, konsekuensi elektoralnya pasti ada dapil baru khusus IKN untuk DPR dan DPD," kata Hasyim di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (29/6/2022).

Dia menjelaskan, di wilayah Kalimantan Timur nantinya ada beberapa wilayah yang masuk ke IKN dan akan ada pergeseran administratif imbas hal tersebut.

"Konsekuensinya ada dua terkait IKN. Pertama, Kalimantan Timur dan kedua Jakarta. Untuk Kalimantan Timur,  ada pergeseran administratif menjadi bagian dari provinsi IKN," kata Hasyim.

Menurut dia, hal tersebut akan berpengaruh pada dapil DPR RI dari Kalimantan Timur. Begitu juga untuk DPRD  dua kabupaten, Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara akan mengalami perubahan.

"Untuk perubahan-perubahan itu harus ada instrumen undang-undang. Dan instrumen-instrumen hukum untuk itu adalah Undang-Undang Pemilu," ucap Hasyim.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar