Seskab Sebut Nama Pengganti Tjahjo Kumolo Sudah Mengerucut

Mendiang Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahho Kumolo. (Foto: Istimewa)

KBRN, Jakarta: Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengatakan nama calon Menteri PAN-RB sudah hampir mengerucut. Nama tersebut untuk mengisi jabatan yang ditinggalkan mendiang Tjahho Kumolo.

Pramono menyebut, nama pengganti Tjahjo akan dibahas antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Meski demikian, Pramono belum bisa memastikan kapan pertemuan kedua pihak tersebut dilakukan. 

"Ya namanya sebenarnya sudah hampir mengerucut. Nanti akan dibahas antara Pak Presiden dengan Bu Mega," kata Pramono kepada wartawan selepas mengikuti sidang kabinet paripurna tentang Nota Keuangan dan Rancangan APBN 2023, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (8/8/2022).

Seskab mengingatkan, pengganti mendiang Tjahjo menjadi keputusan bersama antara Presiden sebagai pemilik hak prerogatif dengan masukan dari PDIP. Mengingat posisi tersebut sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) diisi kader PDIP

"Karena memang yang digantikan itu kebetulan juga kader PDI Perjuangan, dan itu juga alokasi untuk PDI Perjuangan," ujarnya.

"Nah, kemarin Bu Mega juga baru kembali dari luar negeri, kebetulan ada wisuda putra-putri Bu Puan (Maharani, putri Megawati, red). Tinggal waktunya, dalam waktu dekat ini akan dibahas, tapi nama-namanya sudah ada,"

Pramono juga menyebut, komunikasi antara Presiden dan Megawati adalah hal lumrah yang terjadi menjelang perubahan di dalam kabinet. 

"Ya seperti biasa, sopan santun dalam kabinet kan seperti itu. Jadi sebelum diputuskan, Bapak Presiden mendapatkan masukan dari ketua-ketua umum partai. Dan ini memang biasa dilakukan kalau ada reshuffle kabinet," katanya, menambahkan.

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat 1 Juli 2022 lalu, setelah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta. 

Semenjak Tjahjo wafat, Presiden sempat menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD sebagai MenPAN-RB ad interim. 

Disusul Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menduduki jabatan serupa dengan masa jabatan 4-15 Juli 2022. Terbaru, per 15 Juli, Mahfud ditunjuk kembali sebagai Pelaksana Tugas (Plt) MenPAN-RB.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar