PDIP Kantongi Nama Pilkada DKI, Ada Anies?

Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

KBRN, Jakarta: Sekretaris DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta, Gembong Warsono mengatakan, bahwa partainya sudah menyiapkan sosok calon untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta mendatang. 

Apakah ada nama Anies Baswedan yang akan dicalonkan PDIP untuk kembali maju di Pilkada DKI Jakarta?

"Nama sudah ada tapi belum disampaikan pada publik," kata Gembong kepada wartawan, Selasa (26/1/2021). 

Untuk saat ini, kata ia, partainya tengah menggodok kader. Penggodokan kader sesuai fungsi partai untuk menyiapkan kader di legislatif maupun eksekutif.

"Artinya, 2022 atau 2024, kita siap-siap aja untuk menghadapi perhelatan politik DKI Jakarta," kata Gembong.  

Sebelumnya, Peneliti Senior Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Adjie Alfarabi memprediksi, bakal banyak tokoh politik banyak bermunculan 'mencari panggung' demi meraih simpati masyarakat terutama di DKI Jakarta.

Dia menduga, hal tersebut berkenaan dengan wacana pelaksanaan Pilkada 2022 seperti tertuang dalam draf revisi UU Pemilu yang akan digodok DPR dan pemerintah.

Salah satu daerah calon penyelenggara Pilkada 2022 adalah DKI Jakarta.

Adjie menilai, saat ini sosok Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih diunggulkan untuk maju kembali sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2022.

Anies, kata dia, masih diuntungkan dengan statusnya sebagai Gubernur petahana untuk maju kembali di Pilgub.

"Dari sisi calon, Pak Anies msh diunggulkan. Sejauh ini belum ada tokoh-tokoh keliatannya terbuka menyatakan keinginannya untuk maju," kata Adjie kepada wartawan, Senin (25/1/2021).

Meski demikian, Adjie mengatakan, ada peluang bagi nama-nama beken seperti Menteri Sosial Tri Rismaharini hingga Komisaris Utama PT. Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok untuk maju di Pilgub.

Nama Risma belakangan ini kerap kali disebut-sebut berpotensi menjadi calon gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2022. Terlebih, kegiatan Risma sebagai Mensos belakangan ini kerap disorot publik.

Adjie pun tak menafikkan bila berbagai kegiatan Risma belakangan ini sebagai indikasi awal untuk maju di Pilgub DKI Jakarta.

"Semisal Bu Risma ya. Dulu kan pernah diisukan maju di DKI. Beberapa waktu lalu kan kegiatan Bu Risma itu sebagai indikasi ada keinginan Bu Risma bertarung di DKI," kata dia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00