FOKUS: #PPKM MIKRO

Taman Margasatwa Ragunan Buka, Berlaku Ganjil Genap

Pintu masuk utama ke Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan (Dok. Antara)

KBRN, Jakarta: Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, resmi dibuka untuk umum, Sabtu (23/10/2021).

Salah satu syarat yang harus dipenuhi masyarakat berkendaraan roda empat untuk memasuki kawasan Ragunan adalah tetap mengikuti aturan ganjil genap yang telah ditetapkan. 

Kanit Lantas Polsek Pasar Minggu, Iptu Supriyanto, mengatakan, sampai hari ini belum ada kendala terkait aturan ganjil genap yang telah diterapkan manajemen Taman Margasatwa Ragunan. 

Pengenaan aturan ini bertujuan untuk membatasi jumlah pengunjung khususnya yang mengendarai roda empat.

Kanit Lantas Polsek Pasar Minggu, Iptu Supriyanto

"Sementara lalu lintas masih lancar terkendali. Sekalipun dibuat ganjil genap belum ada kendala," ujar Supriyanto saat ditemui RRI.co.id di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Sabtu (23/10/2021). 

Dirinya lanjut menuturkan, jika ada plat genap yang sudah terlanjur memasuki area Ragunan, akan langsung diminta keluar melalui pintu yang disediakan, yaitu pintu keluar yang berhadapan dengan Kelurahan Ragunan. 

Penerapan ganjil genap ini juga untuk mengatur mobilitas masyarakat agar tidak terjadi penumpukan saat hendak memasuki Ragunan.

Sementara itu, untuk kendaraan roda dua, alias sepeda motor, masih dapat memasuki kawasan Ragunan melalui pintu timur. 

Bayu, warga Kebagusan, Jakarta Selatan, yang datang bersama keluarga mengunjungi Taman Margasatwa Ragunan, mengatakan, tidak keberatan dengan pemberlakukan ganjil genap di kawasan Ragunan.

Namun dirinya menyarankan, ke depan, pihak manajemen dapat menyediakan alternatif tempat parkir bagi masyarakat yang sudah terlanjur datang dengan plat yang tidak sesuai sistem ganjil genap. 

"Ya kasihan kalau sudah datang dari jauh ternyata gak bisa masuk atau harus cari tempat parkir lagi. Karena kan gak semua masyarakat punya mobil dua dengan plat berbeda," ujarnya. (Miechell Octovy Koagouw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00