Bea Cukai Soetta Gagalkan Penyelundupan Ratusan Kalajengking

Petugas Bea dan Cukai Soekarno Hatta, Tangerang menunjukan hewan kalajengking dalam kotak yang hendak diselundupkan ke Korea Selatan. (Saadatuddaraen/RRI)

KBRN, Tangerang: Tim Penindakan Kantor Bea dan Cukai TPU Tipe C Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang menggagalkan upaya penyelundupan ekspor binatang hidup, berupa 100 ekor kalajengking.

Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Soetta Zaky Firmansyah menjelaskan, kalajengking tersebut berasal dari daerah Banyuwangi. Binatang itu rencananya dikirim ke Korea Selatan melalui jalur ekspor umum di Gudang Ekspor PT Pos Indonesia Area Kargo Bandara Internasional Soetta pada Jumat 1 Juli 2022 lalu.

“Melalui informasi intelijen kami mendapati bahwa akan ada pengiriman binatang hidup kalajengking ke Korea Selatan. Berdasarkan informasi tersebut, tim penindakan Bea Cukai Soekarno Hatta melakukan pemeriksaan dan berhasil menggagalkan penyelundupan ekspor binatang hidup berupa kalajengking seberat 5 kg melalui ekspor umum,” ungkapnya kepada wartawan, Rabu (6/7/2022).

Pihaknya lalu melakukan pemeriksaan lebih mendalam, dan hasilnya diketahui ekspor tersebut menggunakan dokumen EMS internasional dengan pemberitahuan snack atau makanan ringan. 

"Kalajengking tersebut dikemas dalam plastik bening dan pipa paralon tanpa dilengkapi izin instansi terkait berupa perizinan SATS-LN (CITES, Red)," ungkap Zaky.

Perlu diketahui, dari 100 ekor kalajengking, 18 di antaranya telah mati. Pihak Bea Cukai Bandara Soetta kemudian menyerahkan hewan-hewan tersebut ke Karantina Hewan Bandara Soekarno Hatta untuk ditindaklanjuti sesuai ketentuan yang berlaku.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar