Pelaku Perdagangan Kosmetik Ilegal Dibekuk

Polisi Temukan Sejumlah Barang Bukti Kosmetik Ilegal.

KBRN, Pekanbaru: Kepolisian dari Ditreskrimsus Polda Riau menangkap pelaku perdagangan kosmetik ilegal. Pelaku berinisial TI dibekuk di kediamannya Jalan Mutiara Perumahan Grand Mutiara Blok Barat 11 Kecamatan Senapelan, Pekanbaru. 

Direktur Reskrimsus Polda Riau Kombes Pol Andri Sudarmadi menjelaskan, pihaknya mendapatkan informasi bahwa adanya pelaku usaha yang mengedarkan kosmetik melalui situs jual beli online yang diduga tanpa dilengkapi dengan izin edar.

"Kita melakukan undercover buy dengan cara memesan atau membeli produk kosmetik tersebut. Setelah dilakukan pengecekan terhadap kosmetik yang dipesan tersebut diketahui kosmetik tidak dilengkapi dengan izin edar dari Balai POM," ujar Andri, Rabu (27/1/2021). 

Kemudian, polisi menyelidiki alamat pelaku yang tertera di paket tersebut. Selang beberapa lama, tim pun melakukan penggeledahan di rumah pelaku. 

"Tim menemukan berbagai jenis kosmetik yang tidak dilengkapi dengan izin edar. Kita juga menemukan pelaku dan membawanya ke Mapolda," ujarnya. 

Atas perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 197 Jo Pasal 106 ayat 1 dan ayat 2 UU RI Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan sebagaimana telah dirubah dengan pasal 60 UU RI Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan/atau Pasal 62 ayat 1 Jo Pasal 8 ayat 1 hruf i dan j UU RI No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

"Ancaman hukuman pidana 15 tahun penjara dan denda 1.5 Miliar," pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00