Gol Tunggal Sterling Bawa Inggris Juara Grup D

KBRN, Jakarta: Inggris memperoleh kemenangan berharga ketika bertemu Republik Ceko dalam laga pamungkas Grup D Euro 2020 di Wembley Stadium, Rabu (23/6/2021) dini hari WIB. Gol semata wayang Raheem Sterling membuat the Three Lions menang dengan skor tipis 1-0 dan lolos ke 16 besar sebagai juara Grup D.

Bertanding di stadion Wembley, Timnas Inggris sebagai tuan rumah tampil penuh percaya diri dan berharap bisa akhiri fase grup dengan kemenangan.

Mengusung misi tiga poin, skuad arahan Southgate langsung turun dengan formasi terbaik seperti duet Declan Rice dan Kalvin Phillips di sektor gelandang. 

Dua pemain tersebut bakal jadi motor serangan utama Inggris, sekaligus penyuplai bola buat sang ujung tombak, Harry Kane.

Ambisi Inggris meraih tiga angka di laga ini sudah terlihat sejak menit ke-2. Raheem Sterling melepaskan tembakan menggantung yang melewati kiper Ceko, Tomas Vaclik. Sayangnya bola hanya membentur tiang gawang.

Setelah melakukan serangan bertubi-tubi, gol Inggris akhirnya tiba pada menit ke-12. Sterling memastikan bola bersarang di gawang Ceko dengan memanfaatkan umpan silang kiriman Jack Grealish. Inggris unggul 1-0.

Usai unggul, Inggris tak menurunkan tekanan. Namun Ceko yang ingin raih poin demi lolos ke 16 besar, juga meningkatkan tensi permainan untuk bisa cetak gol.

Ceko mulai bangkit dimulai dari menit ke-20. Mereka membuat peluang dari aksi Tomas Holes dan Jakub Jankto. Sayang, tidak satupun peluang itu menghasilkan gol penyama kedudukan. Salah satunya berhasil dihalau kiper Inggris, Jordan Pickford.

Memasuki pertengahan babak pertama, Ceko kembali mampu menembus pertahanan Inggris melalui aksi Jankto yang mencoba melepaskan tembakan voli di tepi kotak penalti. Tapi sayang, Shaw mampu memblok sepakan tersebut dengan menyundulnya.

Jelang babak pertama usai, Inggris mendapatkan peluang yang bisa menghasilkan gol kedua andai Sterling lebih sigap. Bola hasil tembakan Harry Kane ditepis Vaclik dan bergulir tanpa arah. Sterling hanya butuh sentuhan kecil untuk menghasilkan gol kedua Inggris. Sayangnya, ia melewatkan bola begitu saja.

Hingga turun minum, tak ada gol tambahan tercipta dan skor 0-1 untuk keunggulan Inggris jadi hasil babak pertama.

Selepas jeda, Inggris masih mendominasi pertandingan. Serangan cepat di awal laga, kembali mereka peragakan. Menit ke-66’, Grealish coba berikan bola ke Sterling yang berada di depan gawang, tetapi pemain bertahan Ceko dengan sigap mampu hentikan laju bola.

Misi Republik Ceko mengejar ketertinggalan menemui jalan buntu. Mereka tak mampu menciptakan peluang di awal permainan karena beberapa operannya selalu gagal melewati celah di lini pertahanan Inggris.

Memasuki pertengahan babak kedua, tidak banyak peluang yang tercipta. Inggris banyak memainkan umpan panjang. Namun akurasi yang buruk membuat Ceko bisa menguasai bola dengan mudah. Situasi ini belum bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Ceko.

Permainan berubah dimulai sejak menit ke-70. Giliran Ceko yang lebih banyak memainkan umpan panjang. Mereka terlihat sangat bernafsu mengejar ketertinggalan. Di sisi lain, Inggris mulai terlihat nyaman menguasai bola.

Tujuh menit jelang pertandingan berakhir, Ceko dapat peluang emas untuk menyamakan kedudukan. Namun sayang, upaya Pekhart yang melepaskan tembakan hanya melebar dari tiang dekat.

Inggris sempat mencetak gol keduanya di menit ke-86. Bola dari Jude Bellingham yang masuk sebagai pengganti mendarat dengan mulus di kaki Henderson. Gelandang Liverpool itu berhasil melesakkan bola ke gawang Ceko, namun gol dianulir wasit karena offside.

Tidak banyak peluang berbahaya tercipta menjelang akhir pertandingan. Pada akhirnya, wasit meniupkan peluit panjang dengan skor 1-0 sehingga Inggris bisa menjadi pemenang laga ini.

Tambahan tiga angka, membuat Inggris berhasil lolos ke babak 16 besar Euro 2020 dengan status juara Grup D usai mengumpulkan tujuh poin, hasil dua kali menang dan sekali imbang.

Sedangkan untuk Republik Ceko, dengan kekalahan ini, mereka masih bisa lolos ke babak 16 besar melalui peringkat tiga terbaik. Ceko harus turun ke peringkat tiga karena Kroasia pada pertandingan lainnya berhasil mengalahkan SKotlandia dengan skor cukup telak 3-1 dan menggeser mereka untuk posisi kedua. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00