Taklukkan Skotlandia, Kroasia ke 16 Besar Euro 2020

KBRN, Jakarta: Mengandalkan gelandang berpengalaman milik Real Madrid Luca Modric, Timnas Kroasia berasil menghajar Skotlandia dengan skor telak 3-1 dalam duel teakhir Grup D Euro 2020, Rabu (23/6/2021). Pertandingan di Hampden Park, Glasgow, berlangsung sengit dan Kroasia dipastikan lolos ke babak 16 besar.

Tiga gol kemenangan Kroasia kali ini dicetak oleh Nikola Vlasic (17'), Luka Modric (62'), dan Ivan Perisic (77'). Skotlandia sempat menyamakan kedudukan jadi 1-1 berkat aksi Callum McGregor (42').

Dimotori oleh kapten mereka Luca Modric, Kroasia mengdominasi penguasaan bola dalam 10 menit pertama. Skotlandia terkurung di wilayah bermain sendiri, hanya menunggu serangan balik. Laga masih cukup seimbang.

Terus melakuakn serang ke daerah pertahanan SKotlandia, Nikola Vlasic berhasil mencetak gol pertama bagi Kroasia. Gol tersebut tercipta di menit ke-17. Vlasic menyambut sebuah operan sempurna dan melepaskan tembakan bagus ke sisi kiri gawang.

Penjaga gawang Skotlandia tampak kewalahan dalam menjangkau tembakan pemain berusia 23 tahun tersebut. Dua menit kemudian, Kroasia hampir mencetak gol lagi melalui tembakan Luka Modric.

Akan tetapi David Marshall melakukan sebuah refleks penyelamatan untuk memblokir tembakan Modric. Setelah itu giliran Skotlandia yang mendapat peluang di menit ke-24.

John McGinn melepaskan tembakan voli keras yang mengarah ke sudut kiri bawah gawang. Meski demikian, kiper Timnas Kroasia mampu melakukan penyelamatan luar biasa.

Menjelang akhir babak pertama, situasi berubah. Skotlandia berhasil menyamakan kedudukan melalui gol yang dicetak oleh Vallum McGregor di menit ke-42.

Usai gol penyama kedudukan tersebut, tak ada gol tambahan lagi tercipta di babak pertama ini. Babak pertama matchday terakhir Grup D Euro 2020 pun berakhir dengan skor 1-1.

Kroasia langsung tancap gas di awal babak kedua. Josko Gvardiol mendapatkan umpan bagus di menit ke-50. Sayangnya tembakan Gvardiol masih bisa dimentahkan oleh David Marshall.

Tak lama kemudian, giliran Skotlandia yang mendapatkan peluang. Di menit ke-59 John McGinn hampir saja menggandakan keunggulan Skotlandia.

Di pertengahan babak kedua, Kroasia kembali unggul melalui gol yang diciptakan oleh gelandang veteran Luka Modric di menit ke-62.

Tendangan melintirnya dengan punggung kaki setelah menerima bola dari Mateo Kovacic tak mampu dibendung oleh Marshall.

Tak butuh waktu lama bagi Kroasia untuk menambah angka.

Lagi-lagi Modric melanjutkan penampilan gemilangnya di laga itu. Di menit ke-77 Kroasia mendapatkan sepak pojok, yang diambil oleh Modric. Dia  mengirim bola ke tiang dekat dan berhasil disundul dengan baik oleh Perisic, membuat mereka unggul 3-1.

Kroasia menurunkan tempo di 10 menit akhir pertandingan. Tidak ada gol tambahan. Wasit pun meniup peluit panjang. Skor 3-1 untuk kemenangan Kroasia.

Hasil ini mengantar Kroasia lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up grup menemani sang juara grup D Inggris. Selisih gol dengan Republik Ceko sama (+1), tapi Kroasia unggul dengan total gol yang lebih banyak, yakni 4 gol daripada Republik Ceko yang hanya mencetak 3 gol. Namun, Republik Ceko juga lolos sebagai salah satu tim peringkat tiga terbaik. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00