FOKUS: #OLIMPIADE TOKYO

Lampaui Target, Kontingen Paralimpiade Indonesia Sensasional

Menpora Zainudin Amali bersama Raja Sapta Oktohari dan Senny Marbuni saat bersama atlet Paralimpiade Indonesia di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa, 7 September 2021 (Dok. Kemenpora/NOC/RRI)

KBRN, Jakarta: Capaian prestasi Kontingen Indonesia di gelaran Paralimpiade Tokyo 2020 yang mampu merebut 9 medali menjadi kebangaan tersendiri bagi seluruh bangsa.

Hal ini terlihat saat penjemputan Kontingen Indonesia di bandara Soekarno-Hatta oleh jajaran Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) yang dipimpin Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

“Saya atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia menyampaikan selamat datang kepada kontingen Indonesia yang baru saja berjuang dan nmengharumkan nama bangsa di multi event paralimpiade Tokyo 2020 yang dilaksanakan pada tahun 2021 ini,” ucap Menpora Zainudin Amali saat menyambut Kontingen Paralimpiade Indonesia di ruang VVIP Bandara Internasional Soekarno-Hatta, seperti dikutip RRI.co.id, Selasa (7/9/2021).

Bagi Amali, kebangaannya tak lain datang dari torehan medali dan peringkat Kontingen Indonesia yang jauh lebih baik serta berkembang pesat.

“Satu hal yang membanggakan buat kita, bahwa capaian yang telah diraih oleh kontingen Indonesia mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan Paralimpiade di Rio de Jeneiro 2016, dan peningkatannya sangat pesat dan luar biasa,” tutur Amali.

Lebih lanjut Amali menjelaskan, pada masa keikutsertaan Paralimpiade 2016 di Rio de Jeneiro.

“Waktu itu kita hanya memperoleh satu perunggu dan berada di peringkat 76. Sekarang ini kita memperoleh dua emas, tiga perak, dan empat perunggu dengan peringkat terakhir kita di posisi 43,” terang Amali.

Kloter terakhir Kontingen Paralimpiade Indonesia yang tiba pagi ini berjumlah 14 atlet.

Selain Menpora Zainudin Amali ikut hadir untuk menyambut kepulangan Kontingen Indonesia Ketua Umum National Olympic Committee (NOC) Indonesia Raja Sapta Oktohari.

Saat ini seluruh Kontingen paralimpiade Indonesia tengah menjalani proses karantina, sebagai bagian dari protokol kesehatan wajib usai melakukan perjalanan dari luar negeri.

Setelahnya Kontingen Paralimpiade Indonesia akan bertandang ke Istana Negara untuk bertemu Presiden Joko Widodo. (Miechell Octovy Koagouw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00