Indonesia & Kamboja Tawarkan Jadi Tuan Rumah Piala AFF

KBRN, Jakarta: Teka-teki tuan rumah Piala AFF 2020 mulai terkuak. Indonesia dan Kamboja secara terbuka telah mengajukan diri mengenai keinginan mereka menggelar turnamen sepakbola Asia Tenggara itu pada 5 Desember hingga 2021.

Pandemi COVID-19 yang masih cukup tinggi di sejumlah negara Asia Tenggara memaksa federasi sepakbola ASEAN (AFF) mengubah format kandang dan tandang menjadi home tournament.

Melansir dari laman Goal Indonesia, Kamis (23/9/2021), PSSI sebelumnya mengaku sudah mengajukan diri secara lisan kepada AFF mengenai kemungkinan Indonesia menjadi tuan rumah. PSSI juga sedang berkomunikasi dengan pemerintah tentang rencana tersebut.

Di sisi lain, federasi sepakbola Kamboja (FFC) juga berminat menjadi tuan rumah Piala AFF, karena mereka ingin gelaran Piala AFF 2020 ini menjadi bagian dari persiapan menggelar SEA Games 2023.

Melalui akun Facebook Cambodia SEA Games 2023 selepas drawing Piala AFF 2020, mereka menyebutkan ada empat negara yang mengajukan diri menjadi tuan rumah.

“Piala AFF 2020 akan digelar pada 5 Desember hingga 1 Januari. Beberapa negara sudah mengajukan penawaran menjadi tuan rumah event yang seharusnya dilaksanakan pada tahun 2020. Kamboja juga ikut menyampaikan proposal menjadi tuan rumah,” demikian pernyataan Federasi Sepak Bola Cambodia dilansir dari laman Facebook resmi mereka, Kamis (23/9/2021).

“Berdasarkan keterangan federasi sepakbola Kamboja, selain FFC, kandidat yang menyampaikan keinginan menjadi tuan rumah adalah Thailand, Indonesia, dan Vietnam. Pengajuan ini sekaligus persiapan untuk ASEAN League.”

Kamboja saat ini baru menyiapkan Stadion Nasional Morodok Techo di Phnom Penh untuk menggelar pertandingan Piala AFF. Stadion ini memiliki kapasitas 60 ribu penonton, dan baru selesai dibangun, dan direncanakan sebagai venue pembukaan SEA Games 2023.

Fasilitas dan infrastruktur stadion ini telah diinspeksi FFC dan komite olahraga Kamboja (Camsoc) pada akhir Agustus lalu, dan dianggap cukup memuaskan.

Berdasarkan hasil undian, Kamboja berada di Grup B bersama juara bertahan Vietnam, Indonesia, Malaysia, dan Laos. Sedangkan Grup A diiikuti Thailand, Myanmar, Filipina, Singapura, serta pemenang laga play-off antara Timor Leste dan Brunei Darussalam.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00