AS Roma Menang Tipis atas Udinese 1-0

KBRN, Jakarta: AS Roma kembali ke jalur kemenangan di Liga Italia usai berhasil menundukkan Udinese dengan skor tipis 1-0 dalam duel pekan ke-5 Serie A 2021/22 di Stadio Olimpico, Jumat (24/9/2021) dini hari WIB.

Mantan pemain Chelsea, Tammy Abraham menjadi penentu kemenangan Roma. Abraham mencetak gol semata wayang di babak pertama.

Sejak peluit dibunyikan, AS Roma langsung tampil menekan lewat kuartet penyerangnya. Di awal laga, Udinese pun harus memilih bertahan untuk mencegah terjadinya gol cepat.

Peluang pertama didapatkan lewat sontekan keras Henrikh Mkhirtaryan dari luar kotak penalti di menit ke-4. Sayang sepakannya melenceng tipis dari gawang Udinese.

Di menit ke-7, Nicolo Zaniolo hampir membukan keunggulan andai tandukan Bryan Cristante dari jarak dekat mampu diteruskannya di tiang jauh dan tak membentur tiang gawang.

Memasuki menit ke-15, AS Roma masih tampil dominan atas lawannya. Namun sederet kesempatan yang datang, tak mampu disamakan.

Udinese pun tak hanya fokus bertahan. Sesekali Il Zebrette melakukan serangan dengan skema Counter Attack yang masih terus patah di sepertiga akhir lapangan.

Tekanan yang diberikan AS Roma terus berlanjut hingga laga memasuki menit ke-30. Kombinasi Tammy Abraham dan Mkhitaryan nampak berkali-kali membuat Udines berada dalam kesulitan.

Sebaliknya, skema serangan balik yang dipakai Udinese hampir membuahkan hasil andai Ignacio Pussetto tak terperangkan jebakan offside.

Serangan bertubi-tubi AS Roma membuahkan hasil di menit ke-36. Tammy Abraham membawa Il Lupi unggul berkat sepakannya dari jarak dekat.

Berawal dari pergerakan Riccardo Calafiori dari area AS Roma, ia mampu mengirimkan bola ke depan mulut gawang yang kemudian diselesaikan dengan baik oleh Abraham. Skor menjadi 1-0 untuk AS Roma.

Di menit ke-40, Udinese hampir menyamakan kedudukan pasca sepakan Gerard Deulofeu ditepis Rui Patricio. beruntung bola muntah di muka gawang mampu dibuang oleh Lorenzo Pellegrini.

Hingga babak pertama usai, skor 1-0 tetap bertahan untuk keunggulan AS Roma atas Udinese.

Di awal babak kedua, AS Roma nampak menurunkan intensitas serangannya. Justru berbalik Udinese yang terlihat aktif menyerang di lima menit pertama.

Hingga menit ke-60, serangan-serangan Udinese masih terlalu mudah dihentikan. Di menit ke-61, Udinese punya peluang untuk menyamakan kedudukan lewat Destiny Udogie. Sayang sepakannya dari dalam kotak penalti melebar tipis di kiri gawang AS Roma.

Tekanan Udinese terus berlanjut di menit ke-67. Pemain pengganti, Brandon Soppy, hampir mencetak gol melalui aksi individunya. Namun eksekusinya yang buruk membuat peluang ini terbuang sia-sia.

Pada menit ke-72, Gerard Deulofeu hampir menciptakan gol untuk Udinese. Kali ini, giliran Rui Patricio yang tampil cekatan dengan menjaga gawangnya dari kebobolan.

Memasuki 10 menit terakhir, giliran AS Roma yang dipaksa untuk bertahan. Udinese terus melancarkan tekanan ke pertahanan tuan rumah untuk mencari gol penyama kdudukan.

Pada menit ke-83, Udinese meminta penalti kepada wasit setelah bola nampak mengenai tangan pemain AS Roma. Namun permintaan tersebut diindahkan wasit berada dekat dengan tempat kejadian.

Tepat di menit ke-90, AS Roma harus kehilangan salah satu pemainnya setelah sang kapten, Lorenzo Pellegrini mendapat kartu kuning kedua.

Pellegrini mendapat kartu kuning tersebut karena kedapatan menyikut pemain lawan saat melakukan duel udara. Tanpa ampun wasit pun mengeluarkan kartu kuning kedua dan mengusirnya.

Di sisa waktu yang ada, AS Roma pun memilih banyak bertahan dan membiarkan Udinese terus menyerang dan menggempur pertahanan.

Beruntung bagi AS Roma, serangan bertubi-tubi itu tak menghasilkan gol. Alhasil, laga pun berkesudahan 1-0 untuk keunggulan Il Giallorossi atas Udinese.

Dengan hasil ini, Roma berhasil bangkit dari kekalahan di markas Verona pada giornata empat. Kemenangan atas Udinese melambungkan Roma ke urutan empat klasemen sementara usai mengumpulkan 12 poin hasil lima pertandingan, terpaut tiga poin saja dari Napoli di Capolista.

Susunan pemain:

AS Roma XI: Patricio; Calafiori (69' Smalling), Karsdorp, Mancini, Ibanez; Cristante, Vertout; Zaniolo (74' El Shaarawy), Mkhitaryan, Pellegrini; Tammy (86' Shomurodov)

Udinese XI: Silvestri; Samir, Nuytinck (79' Samardzic), Becao; Udogie (79' Stryger Larsen), Molina (62' Soppy), Makengo, Pereyra, Walace; Pussetto (62' Beto), Deulofeu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00