Tampil Dominan, Arsenal Tundukkan Aston Villa 3-1

KBRN, Jakarta: Arsenal tampil meyakinkan ketika mengalahkan Aston Villa dengan skor 3-1 dalam partai pekan kesembilan Premier League 2021/22 yang digelar di Emirates Stadium, Sabtu (23/10/2021) dini hari WIB.

Tim besutan Mikel Arteta itu mendominasi sejak babak pertama dan sudah unggul 2-0 lewat Thomas Partey dan penalti Pierre-Emerick Aubameyang.

Emile Smith Rowe mempertebal keunggulan tuan rumah di menit ke-56. Villa mencoba bangkit dan sempat mencetak gol di menit ke-82 melalui Jacob Ramsey. Namun terlalu terlambat buat Villa mencoba menyelamatkan poin.

Arsenal mencoba langsung tampil agresif sejak awal laga. Sederet peluang pun didapat tim asuhan Mikel Arteta, termasuk lewat aksi Aubameyang yang sempat membobol gawang lawan, tetapi dianulir karena lebih dulu ada pelanggaran yang terjadi.

Arsenal hampir mencetak gol di menit ke-20, kala Thomas Partey menyambar bola liar hasil sapuan pertahanan Villa terhadap umpan tendangan bebas Saka. Tembakannya cuma membentur mistar gawang.

Setelah tembakannya digagalkan mistar gawang, Thomas Partey akhirnya sukses mencetak gol pada menit ke-23 untuk membuka keunggulan Arsenal. Gelandang asal Ghana itu menyundul bola sepak pojok Emile Smith Rowe untuk menaklukkan Emiliano Martinez.

Arsenal membuang peluang bagus di menit ke-30. Villa kehilangan bola di area tengah dan Arsenal menyerang balik. Nuno Tavares lolos di kiri dan mengirim umpan silang ke Saka di kanan yang berlari sendirian. Tinggal menghadapi kiper, sepakan Saka dihalau oleh Martinez.

Villa terus terdesak dan kesulitan mengembangkan permainan. Arsenal punya peluang lain dari sepak pojok di menit ke-45, ketika Partey menanduk umpan korner. Sundulannya melesat tipis ke atas gawang.

Pada masa injury time babak pertama, Arsenal mendapat hadiah penalti setelah wasit Craig Pawson meninjau VAR sebelum menilai bahwa Matt Targett melanggar Alexandre Lacazette di kotak terlarang.

Eksekusi penalti Aubameyang sempat bisa dimentahkan oleh Martinez. Namun, bola rebound berhasil dicocor Aubameyang menjadi gol. Momen ini pun menjadi akhir dari babak pertama.

Kembali dari kamar ganti, Aston Villa melakukan perubahan dengan memasukkan Leon Bailey menggantikan Axel Tuanzebe. Serangan tim tamu pun terbukti menjadi lebih membahayakan tuan rumah.

Alih-alih memperkecil ketinggalan, Aston Villa justru kembali harus kecewa setelah Smith Rowe mencetak gol ketiga Arsenal pada menit ke-56. Tembakannya yang mengenai Tyrone Mings sukses membuat Martinez mati langkah.

Arsenal nyaris kebobolan di menit ke-62. Umpan terukur Targett diterima Buendia yang mengakhiri tusukannya dengan sepakan mendatar. Ramsdale sigap mengamankan gawangnya dengan kaki.

Sebuah kesalahan dari Albert Sambi Lokonga hampir dimanfaatkan oleh Villa pada menit ke-71. Bola dikuasai Leon Bailey, yang kemudian mengarahkan tendangan melengkung ke gawang. Tapi upayanya masih terlalu mudah untuk Ramsdale.

Arsenal merespons tak lama berselang. Aubameyang merangsek ke tengah dari sisi kiri dan mengarahkan sepakan ke pojok kanan gawang. Martinez 'terbang' untuk menepis bola.

Villa menipiskan selisih di menit ke-82. Bailey menusuk dari kanan tapi kemudian kesulitan mengontrol bola. Jacob Ramsey yang ada di depannya menyambar bola seketika dan berakhir di pojok kanan gawang.

Kelengahan hampir membuat Arsenal kebobolan kedua kalinya di menit ke-83. Umpan lemparan ke dalam Matty Cash gagal diantisipasi oleh pertahanan Arsenal dan dicocor oleh Watkins. Beruntung buat Arsenal, sepakannya masih melebar.

Villa mendapatkan kesempatan dari tendangan bebas di depan kotak penalti pada menit ke-93. Eksekusi Bailey hanya tipis saja di atas mistar gawang Arsenal.

Tak ada gol tambahan yang tercipta dari kedua tim di sisa pertandingan. Skor 3-1 untuk kemenangan Arsenal pun menjadi hasil akhir laga ini.

Dengan hasil ini, Arsenal pun memetik tiga poin dan melanjutkan laju tak terkalahkannya di Premier League menjadi enam pertandingan. Aubameyang dkk meraih empat kemenangan dan dua kali imbang dalam periode itu.

Klub London utara tersebut kini naik ke posisi sembilan dengan 14 poin dari sembilan laga. Sedang Villa berada di urutan 13 dengan 10 poin.

Susunan Pemain:

Arsenal: Aaron Ramsdale; Takehiro Tomiyasu, Ben White, Gabriel Magalhaes, Nuno Tavares; Thomas Partey, Albert Sambi Lokonga (Ainsley Maitland-Niles 73'); Bukayo Saka, Emile Smith Rowe, Pierre-Emerick Aubameyang (Gabriel Martinelli 90'); Alexandre Lacazette (Martin Oedegaard 68').

Aston Villa: Emiliano Martinez; Ezri Konsa Ngoyo, Axel Tuanzebe (Leon Bailey 46'), Tyrone Mings; Matty Cash, John McGinn, Douglas Luiz, Matt Targett; Emiliano Buendia (Jacob Ramsey 68'); Danny Ings (Anwar El-Ghazi 77'), Ollie Watkins.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00