Lembaga dan Tenaga Pendidik Diminta Sosialisasi DBON

Foto: ist

KBRN, Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menilai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) memiliki peran strategis dalam mensosialisasikan Peraturan Presiden (Perpres) No.86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) ke seluruh lapisan masyarakat di tanah air.

"LPTK mempunyai kewajiban untuk turut mensosialisaikan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) ke seluruh lapisan masyarakat yang telah dipayungi oleh Perpres 86," kata Menpora Amali, Jumat (3/12/2021).

Lahirnya Perpres 86 berawal dari kerisauan Bapak Presiden Jokowi tentang pembinaan prestasi olahraga tanah air.

"Sehingga ada perintah untuk review total ekosistem pembinaan olahraga nasional. Kita berdiskusi dan hingga memetakan dari hulu hilir, dari tingkat kebugaran sampai prestasi termasuk nasib atlet setelah pensiun dan sebagainya," jelasnya.

Menurutnya, prestasi yang didapat dan saat ini muncul adalah prestasi by accident bukan by design.

"Didalam DBON telah termasuk apa yang kita tuju yakni olimpiade yang menjadi target utama. Asian Games dan SEA Games adalah sasaran antara," ujarnya.

"Jadi, ini sebagai upaya mengejar ketertinggalan kita dari negara lain yang sudah maju dibidang olahraga," tuturnya dalam kejuaraan yang memperebutkan piala bergilir Menpora RI yang pertama kalinya ini.

Pada 100 tahun Indonesia merdeka atau saat Olimpiade 2044 Indonesia mentargetkan berada di peringkat 5 besar olimpiade dan 5 besar paralimpiade.

"Target ini awalnya saya tidak yakin tetapi setelah saya diyakinkan para guru besar keolahragaan, para praktisi dan berbagai kalangan akhirnya semua masuk diakal yang penting fokus," jelasnya.

"Saya yakin jika kita bersama insyaallah target itu bs berhasil. Keyakinan saya bertambah usai Paralimpiade Tokyo. Di Paralimpiade Rio peringkat kita 76 dunia. Dan target kita peringkat 60 dunia di Paralimpiade Tokyo. Dari target peringkat 60 ini, atlet kita justru mempersembahkan peringkat 43 dunia ini luar biasa. Ini yang membuat kita optimis," paparnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar