Ini Syarat Penonton Bisa Hadir ke Stadion

Foto: ist

KBRN, Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali mengaku, masih menjajaki rencana uji coba kehadiran penonton di pertandingan sepak bola Liga 1.

Salah satu syaratnya, stadion tersebut harus dilengkapi fasilitas kursi tunggal atau single seat.

Menpora Amali mengatakan, stadion yang memiliki fasilitas kursi perorangan menjadi syarat khusus untuk bisa dihadiri oleh penonton. Tetapi, akan dibatasi dengan hanya memperbolehkan 5000 penonton yang dapat hadir di stadion.

"Itu single seat ya. Hanya untuk 5000 penonton saja tidak masalah itu kita akan coba," kata Menpora Amali, Jumat (3/12/2021).

Diketahui, gelaran Liga 1 Indonesia 2021/2022 telah dimulai sejak Agustus 2021. Tetapi, akibat pandemi Covid-19 ajang sepak bola tertinggi di Indonesia harus dihadiri tanpa adanya penonton di stadion.

Lebih lanjut, ia menjelaskan saat ini Kemenpora sudah melakukan koordinasi dengan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk memilih mana saja stadion yang boleh dihadiri penonton. Tetapi, tidak semua stadion akan diperbolehkan untuk dihadiri oleh penonton.

"Saya sudah koordinasi dengan PSSI dan LIB mereka sedang mempersiapkan. Tetapi tidak di semua tempat hanya lapangan-lapangan atau stadion dengan single seat yang bisa ada penontonnya dan itu pun terbatas," jelasnya.

Sementara, di Indonesia sendiri terdapat sejumlah stadion yang memiliki fasilitas kursi perorangan di antaranya Stadion Si Jalak Harupat di Bandung, Stadion Pakansari Bogor, Stadion Manahan Solo dan lainnya.

Dengan adanya Stadion yang memiliki fasilitas kursi tunggal ini, tentunya akan memudahkan penyelenggara pertandingan dalam mengatur posisi duduk penonton mengingat masih diterapkannya protokol kesehatan.

Namun, untuk saat ini Liga 1 menggunakan sistem seri dan kluster. Mengingat untuk seri ketiga saat ini misalnya, hanya Stadion Manahan yang memiliki kursi single seat, sementara stadion lain masih belum memiliki fasilitas tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar