Kamboja Tidak Takut Indonesia, Siap Tampil Dominan

Aksi pemain Timnas Kamboja Lim Pisoth saat menghadapi Malaysia di laga perdana AFF Suzuki Cup 2020, Senin (6/12/2021). (Foto/Istimewa/AFF Suzuki Cup 2020)

KBRN, Jakarta: Timnas Kamboja tidak takut dengan lawan mereka Timnas Indonesia yang diunggulkan saat ini di ajang AFF Suzuki Cup 2020.

Meski harus sekali kalah 1-3 dari Malaysia, tim asuhan duet pelatih Ryu Hirose dan Keisuke Honda tidak ingin menyerah sebelum bertempur.

Tim berjuluk Kouprey Kampuchea itu tidak merasa terancam dengan kekuatan lawannya Timnas Indonesia. 

“Tidak masalah siapa yang kami hadapi, tujuannya sama dan terus mengembangkan konsep tim kami dengan cara bermain yang kami miliki,” tegas Pelatih Timnas Kamboja Ryu Hirose pada sesi jumpa pers seperti dilansir RRI.co.id dari laman resmi AFF Suzuki Cup 2020, Rabu (8/12/2020).

Hirose mengaku tidak akan tinggal diam saat pulit babak pertama ditiup.

Dia telah mengetahui celah dan kekurangan Evan Dimas dan kolega.

Sejak awal laga dia akan mengistruksi para pemainnya untuk mendominasi jalannya pertandingan.

“Kami ingin mendominasi pertandingan melawan tim mana pun, bahkan Brasil atau siapa pun, mempertahankan penguasaan bola dan memenangkan bola di area tinggi lapangan dan itulah yang kami lakukan. Saya senang bisa bekerja bersama Keisuke Honda, yang telah mendorong proyek pengembangan sepak bola Kamboja, dan membantunya dengan pengalaman saya.” pungkasnya.

Pada periode 1960-1970-an, Kamboja adalah lawan yang tangguh bagi Indonesia.

Dalam tiga pertemuan kedua tim, Indonesia tidak mampu menaklukkan Kamboja dan memiliki catatan satu kali seri dan dua kali kalah.

Indonesia imbang 0-0 vs Kamboja di Pyongyang pada Kualifikasi Ganefo 1966.

Kalah 0-2 pada Kualifikasi Piala Asia 1972 di Bangkok dan kalah 2-3 di Korea Selatan pada Piala Presiden 1973.

Namun sejak tahun 1996, Kamboja hanya sekali menahan imbang Indonesia yaitu 1-1 dalam duel kualifikasi Piala Dunia 1998 di Phnom Penh, Kamboja.

Sementara  sisa laga lainnya selalu dimenangkan Indonesia.

Total dari 22 pertemuan, Indonesia menang 17 kali, 3 imbang dan 2 kali kalah.

Bahkan, Indonesia pernah menang dengan skor telak 10-0 di Sea Games 1995 Chiang Mai, Thailand dan 8-0 di Kualifikasi Piala Dunia 1998 dan Piala AFF 2004. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar