Tundukkan PSM 2-1, Persebaya Tembus Tiga Besar

KBRN, Jakarta: Persebaya Surabaya berhasil meraih 5 kemenangan beruntun usai berhasil mengalahkan PSM Makassar dengan skor tipis 2-1 dalam laga lanjutan pekan ke-19 BRI Liga 1 2021-22 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Jumat (14/01/2022) malam WIB.

Gol kemenangan Persebaya dicetak oleh Taisei Marukawa di menit tiga melalui penalti dan tendangan melengkung Marselino Ferdinan pada menit 55. Sementara gol PSM Makassar dicetak Wiljan Pluim (84’).

Duel antara Persebaya dan PSM berlangsung sengit dan ketat sejak menit awal. Persebaya yang berusaha menjaga persaingan di papan atas mengambil inisiatif menyerang lebih dulu.

Persebaya Surabaya tidak membutuhkan banyak waktu untuk unggul. Mereka mendapat hadiah penalti pada menit kedua. Penyebabnya, striker Samsul Arif dijatuhkan oleh kiper Hilman Syah saat keduanya berebut bola di kotak penalti PSM.

Winger Taisei Marukawa menjadi eksekutor dan sukses menyarangkan bola ke gawang Hilman Syah pada menit ketiga. Dia mengarahkan bola ke tengah yang mampu mengecoh kiper berusia 24 tahun tersebut.

Dalam kondisi tertinggal, PSM berusaha mencari cara mencetak gol balasan. Pada menit ketujuh, Yakob Sayuri hampir merobek gawang Persebaya setelah menerima umpan sepak pojok dari Ferdinan Sinaga. Sayang, sundulannya diamankan Andhika Ramadhani.

Tim Juku kembali memberi ancaman kepada pertahanan Persebaya pada menit ke-14. Kali ini, Arfan memberi bola kepada Wiljan Pluim. Gelandang asal Belanda itu melepas tembakan keras dari luar kotak penalti, namun menyamping dari gawang Bajul Ijo.

Persebaya berusaha tetap melakukan serangan untuk menambah gol. Bruno Moreira mendapat kesempatan mencetak gol setelah menerima umpan dari Samsul Arif pada menit ke-16. Sepakannya mendatar mengarah ke gawang dan Hilman Syah masih mampu membloknya.

Ferdinan Sinaga tidak tinggal diam melihat timnya tertinggal. Pada menit ke-38, dia menerima umpan dari Pluim yang dilanjutkan menyisir bola dari sisi kanan. Dia pun melepas tembakan mendatar dengan kaki kiri, lagi-lagi juga belum menemui sasaran.

Serangan-serangan yang dilakukan oleh kedua tim tidak menghasilkan gol tambahan sampai babak pertama rampung. Waktu turun minum dihiasi dengan kedudukan sementara 1-0 untuk Persebaya Surabaya.

Memasuki babak kedua, Bajul Ijo tampaknya masih kurang puas dengan keunggulan atas PSM Makassar. Pasalnya, tim polesan Aji Santoso itu berhasil menggandakan kedudukan lewat gol cantik wonderkid mereka, Marselino Ferdinan di menit ke-55.

Gol tersebut tercipta karena kesalahan yang dilakukan Hasyim Kipuw. Sehingga bola bisa direbut oleh Marukawa dan dia langsung memberikan umpan terobosan ke Marselino Ferdinan. Persebaya unggul 2-0 atas PSM Makassar.

Serangan bertubi-tubi dilakukan oleh para pemain Persebaya. Kombinasi permainan cepatnya mampu membuat lini pertahanan Juku Eja kerja keras. Beberapa peluang sempat tercipta dari kaki Marukawa dan Marselino. Kedua pemain ini benar-benar tampil sangat ciamik.

Hingga akhirnya PSM Makassar berhasil memperkecil ketertinggalannya menjadi 1-2 di menit ke-84. Wiljan Pluim sukses menyambar bola muntahan di mulut gawang Persebaya. Tak sampai disitu, Juku Eja hampir saja menyamakan kedudukan namun tendangan dari Ferdinand Sinaga masih berhasil ditepis oleh Andhika Ramadhani.

Empat menit tambahan waktu pun diberikan. Para pemain Juku Eja masih terus berupaya untuk menyamakan kedudukan. Namun sayangnya upaya mereka masih belum membuahkan hasil. Persebaya berhasil menutup pertandingan dengan skor 2-1 atas PSM Makassar.

Hasil ini membuat Persebaya Surabaya mengoleksi 39 poin dari 19 laga dan mereka naik ke posisi tiga klasemen sementara BRI Liga 1 2021-22. Sementara itu PSM Makassar terpuruk di posisi 11 dengan raihan 23 angka saja.

Susunan Pemain:

Persebaya Surabaya (4-3-3): Andhika Ramadhani (kiper); Ady Setiawan, Arif Satria, Rizky Ridho, Reva Adi Utama (belakang); Muhammad Hidayat, Alwi Slamat, Marselino Ferdinan (tengah); Taisei Marukawa, Samsul Arif, Bruno Moreira (depan)

Pelatih: Aji Santoso

PSM Makassar (4-3-3): Hilman Syah (kiper); Dallen Doke, Hasyim Kipuw, Ganjar Mukti, Abdul Rachman (belakang); Sutanto Tan, M. Arfan, Wiljan Pluim (tengah); Yakob Sayuri, Anco Jansen, Ferdinan Sinaga (depan)

Pelatih: Joop Gall.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar