Hadapi Timor-Leste, STY: Tingkatkan Kepercayaan Diri Pemain

KBRN, Jakarta:  Pelatih tim nasional Indonesia U-23 Shin Tae-yong berharap uji coba internasional menghadapi Timor Leste dapat meningkatkan kepercayaan diri pemain pasca-Piala AFF.

“Sebenarnya saya punya tujuan (di laga melawan Timor Leste). Apakah pemain – pemain Timnas ini memiliki peningkatkan kepercayaan diri (pasca Piala AFF), apakah pemain bisa bermain sesuai dengan kenginan saya," ujar pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Diketahui, timnas Indonesia akan menghadapi Timor Leste dalam ujicoba internasional atau international friendly match (FIFA Matchday) di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, pada 27 dan 30 Januari 2022.

Jelang laga tersebut, skuad Garuda menggelar latihan di Stadion Samudra, Bali. Pelatih Kepala Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengatakan, bahwa hari ini Evan Dimas dan kawan – kawan mendapat menu latihan dengan intensitas ringan dengan waktu pendek.

“Untuk latihan perdana hari ini fokusnya pemulihan. Seperti diketahui, pemain usai dari Piala AFF 2022 langsung kembali ke klub dan menjalani laga di Liga 1, rasa lelahnya pasti menumpuk. Kami juga ingin melihat perkembangan kondisi pemain pada awal – awal pemusatan latihan disini,” kata Shin Tae-yong usai sesi latihan pada Kamis (20/1/2022) petang.

Untuk laga melawan Timor Leste, Shin Tae-yong memanggil 27 pemain. Mayoritas pemain merupakan pemain usia di bawah 23 tahun (U-23) yang dipersiapkan untuk Piala AFF U-23 2022 di Kamboja, Februari mendatang.

Diantara 27 pemain yang dipanggil, beberapa merupakan wajah baru seperti Sani Rizki (Bhayangkara FC), Achmad Figo (Arema FC) dan Terens Puhiri (Borneo FC).

“Jadi pemain – pemain yang baru adalah hasil pantauan saya di Liga 1. Memang kelihatannya (menurut saya) ada kelebihan. Apakah pemain – pemain yang baru ini bisa memenuhi keinginan saya, nanti akakn terjawab di pertandingan, dan pemain – pemain muda ini memang dipersiapkan untuk Piala AFF U-23 juga,” lanjut Shin.

Sementara itu, pemain Bhayangkara FC Sani Rizki Fauzi, sangat antusias bergabung kembali dengan Timnas Indonesia. Dimana terakhir kali Sani mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia pada bulan Juli 2020 silam.

“Ya pertama – tama Alhamdullilah, bersyukur dipangil ke Timnas Senior lagi. Saya ingin buktikan kepada Coach Shin bisa memberikan yang terbaik. Alhamdulilah kondisi saya fit 100 persen. Target pertama tentu ingin memberikan yang terbaik. Banyak teman – teman Timnas U-23 kemarin (2019), jadi saya senang bergabung dengan Timnas lagi,” tambah pemain berusia 24 tahun tersebut. (imr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar