Singkirkan Nigeria, Tunisia ke Perempatfinal Piala Afrika

KBRN, Jakarta: Timnas Tunisia memastikan satu tiket ke babak perempat final Piala Afrika 2021 setelah berhasil mengalahkan Timnas Nigeria dengan skor tipis 1-0 pada babak 16 besar yang digelar di Rounde Adjia Stadium, Garoua, Kamerun, Senin (24/1/2022) dini hari WIB.

Setelah bermain imbang tanpa gol di babak pertama, Timnas Tunisia mampu membuka keunggulan di awal babak kedua. Gol semata wayang itu dicetak oleh Youssef Msakni pada menit ke-47.

Nigeria mengambil inisiatif permainan di menit-menit awal tetapi Tunisia malah mengancam di menit ke-9. Untungnya bagi Nigeria, tembakan voli Montassar Talbi bisa dibendung kiper Maduka Okoye.

Di menit ke-11, tembakan Joe Aribo hanya bersarang di sisi gawang Tunisia.

Sampai pertengahan babak pertama, Nigeria mengalami kesulitan menembus pertahanan Tunisia. Super Eagles bahkan belum juga berhasil membukukan shot on target hingga menit ke-30.

Sementara itu, upaya Tunisia lewat tembakan Hamza Rafia di menit ke-39 juga masih melesat di atas gawang. Tidak banyak momen yang terjadi dan babak pertama diakhiri dengan skor masih sama kuat 0-0.

Babak kedua baru berjalan 2 menit, Nigeria dikejutkan oleh gol Tunisia. Melakukan cut inside dari sebelah kini, Youseff Msakni melepaskan diri dari bek penjaganya. 

Dari jarak sekitar 23 meter, Msakni melepaskan tembakan keras dengan kaki kanan. Bola sempat memantul dulu ke tanah sehingga gagal diblok oleh kiper Nigeria, Maduka Okoye. Youssef Msakni berhasil membuat rekan-rekannya unggul 1-0 menit 47'.

Alih-alih tampil menyerang untuk menyamakan kedudukan, Nigeria malah mendapat kesialan. Alex Iwobi harus diusir dari lapangan usai diganjar kartu merah pada menit 66' setelah meninjau VAR. Alhasil, mereka tak bisa maksimal untuk memanfaatkan sisa waktu yang ada. 

Namun, Nigeria memiliki peluang lagi lewat Moses Simon (menit ke-82'), Wilfred Ndidi (87'), dan Umar Sadiq (90'). Tetapi, akhirnya laga selesai tanpa tim berjulukan Elang Super bisa mencetak gol. Nigeria kalah 0-1 dan dipulangkan oleh Tunisia.

Hasil ini membawa Tunisia lolos ke perempat final Piala Afrika 2021 dan akan menghadapi Burkina Faso, yang sebelumnya menyingkirkan Gabon.

Susunan Pemain: 

Nigeria (4-2-3-1): Okoye; Zanusi, Omeruo, TroostEkong, Aina; Ayodele-Aribo, Ndidi; Simon, Iheanacho, Chukwueze; Awonlyl 

Tunisia (4-3-3): Ben Said; Drager, Ifa, Talbi, Drager; Laidouni, Skhiri, Ben Slimane; Msakni, Jaziri, Rafia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar