Barcelona Menang Tipis 1-0 atas Deportivo Alaves

KBRN, Jakarta: Barcelona dengan susah payah meraih kemenangan tipis 1-0 atas Deportivo Alaves dalam duel pekan ke-22 La Liga 2021/22 di Stadion Mendizorrotza, Senin (24/1/2022) dini hari WIB. Hasil ini diraih lewat perjuangan alot selama 90 menit. Frenkie de Jong menjadi juru selamat Barcelona dengan berhasil mencetak gol di menit-menit akhir babak kedua.

Barca mendapatkan perlawanan yang sangat sengit dari Alaves yang bermain dengan tangguh di depan para pendukungnya. Sergio Busquets dkk. dominan menguasai bola, tapi Alaves bermain bertahan dengan sangat rapi dan solid.

Beruntung, gol kemenangan Barca datang di menit ke-87 lewat kaki Frenkie de Jong. Alaves mencoba menyamakan kedudukan, tapi sudah kehabisan waktu.

Bertindak sebagai tim tamu, Los Cules julukan Barcelona langsung tancap gas dan mengambil inisiatif menyerang. Tekanan Barcelona memaksa tuan rumah mundur hingga separuh lapangan.

Peluang pertama Barca datang di menit ke-13. Umpan silang Dest akurat untuk De Jong, tapi eksekusinya masih melenceng jauh dari sasaran.

Hingga menit ke-25, pertandingan relatif berjalan seimbang. Barca lebih dominan membawa bola, tapi Alaves bermain sangat rapi untuk mengurangi ancaman tim lawan.

Serangan-serangan Barca mashi terlalu mudah dihentikan Alaves. Hingga menit ke-35, Alaves hanya melepas satu tembakan, tapi terbukti bisa bertahan dengan baik.

Pertahanan Alaves terus membuat Barca frustrasi hingga akhir babak pertama. Tidak ada gol setelah 45 menit. Skor 0-0 mengantar para pemain ke ruang ganti.

Masuk ke babak kedua, Barcelona kembali menunjukkan dominasinya. Lagi-lagi, rapatnya pertahanan tuan rumah membuat Los Cules kesulitan masuk ke area penalti Deportivo Alaves.

Praktis, tak ada peluang berbahaya yang tercipta hingga laga memasuki menit ke-60. Situasi tersebut berlanjut hingga laga memasuki 15 menit akhir babak kedua.

Alih-alih mencetak gol, Barcelona malah kalah dalam urusan efektivitas peluang. Meski mengurung pertahan tuan rumah, namun gawang Ter Stegen lebih sering terancam, mulai dari Tomas Pina hingga Joselu. Beruntung, buruknya penyelesaian tuan rumah membuat Barcelona tak kecolongan.

Laga yang tampaknya bakal berakhir 0-0 berubah seketika usai Frenkie de Jong mencetak gol di menit ke-87. Bermula dari umpan lambung Jordi Alba, bola lantas jatuh ke jantung pertahanan tuan rumah. Dengan cerdiknya, Ferran Torres yang lepas dari jebakan offside mengirim umpan matang pada De Jong. Gol 1-0 Barcelona memimpin.

Gol di ujung pertandingan eks Ajax Amsterdam tersebut menutup jalannya pertandingan sekaligus membawa kemenangan bagi tim tamu.

Berkat kemenangan krusial ini Barca untuk terus mendekati empat besar. Hasil ini membuat Barcelona naik ke posisi lima klasemen sementara Liga Spanyol dengan torehan 35 poin. Terpaut satu poin dari Atletico yang menempati posisi keempat.

Susunan pemain:

Alaves (4-5-1): Fernando Pacheco; Martin Aguirregabiria, Victor Laguardia, Florian Lejeune, Javi Lopez; Jason, Gonzalo Escalante, Tomas Pina (88' Antonio Moya), Pere Pons (72' Miguel de la Fuente), Luis Rioja (90' Edgar Mendez); Joselu.

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Sergino Dest, Gerard Pique, Ronald Araujo, Jordi Alba; Frenkie de Jong, Sergio Busquets, Pedri (90' Clement Lenglet); Ferran Torres, Luuk de Jong (84' Ferran Jutgla), Abdessamad Ezzalzouli (72' Nico Gonzalez).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar