Persib Dapat Gunakan Gelora Bandung Lautan Api

Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat ditemui wartawan di Kota Bandung, Selasa (17/5/2022). (Atep Burhanudin/RRI)

KBRN, Bandung: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengungkapkan, Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) sudah dapat digunakan oleh klub sepak bola Persib Bandung.

Namun pengunaan stadion untuk pertandingan resmi masih belum diperkenankan ada penonton. 

"Bisa dipakai, saat liga tiga juga sudah dipakai, karena pemeliharaan lapangannya juga bagus. Tapi masih tanpa penonton, karena izin penggunaannya juga kegiatan tanpa penonton," ujar Wali Kota Bandung Yana Mulyana kepada wartawan di Bandung, Selasa (17/05/2022). 

Ia lanjut menuturkan, lapangan dan infrastruktur penunjung di stadion sudah memadai untuk latihan dan digelar pertandingan.

Yana mengungkapkan, selama ini klub Persib Bandung menyewa stadion tersebut setiap hari, sedangkan kerja sama pengelolaan (KSP) maka Pemkot Bandung memiliki kontribusi tetap. 

"Mereka kan sewa per hari selama ini. Kalau KSP itu akan kontribusi tetap, ada kontribusi tidak tetap kerja sama pengelolaan," ucapnya. 

Ia mengaku pihaknya masih menghitung terkait kerja sama pengelolaan menggunakan konsultan independen guna memastikan kontribusi yang akan diperoleh.

Namun ia belum mengetahui secara detil terkait hal tersebut. 

"Mereka selalu bayar di muka jadi kontribusi tetap itu bayar di muka, kontribusi tidak tetap di akhir tahunnya. Kan kontribusi tidak tetap itu keuntungan dari pengelolaan. Jadi kontribusi tetap itu kurang lebih seperti sewanya. Jadi dia tetap flat selama 30 tahun. Nah, yang berubah itu konstribusi tidak tetap," ucapnya.  

Semenatara itu, lelang Kerja Sama Pengelolaan (KSP) Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) sudah melewati 14 tahapan dari total kurang lebih 18 tahapan yang harus ditempuh.

Proses lelang diharapkan dapat selesai dalam waktu dekat sehingga bisa segera dikelola. 

"Kurang lebih di 13-14 (tahapan). Insya Allah sebentar lagi selesai. Lelang KSP Stadion GBLA sudah menjadi wewenang pemerintah Kota Bandung," paparnya.

Yana menyebutkan, terdapat permasalahan yang berkaitan dengan pihak eksternal, namun secara bertahap berangsur diselesaikan.

"Penyelesaian lelang pengelolaan Stadion GBLA akan dilakukan sesuai aturan," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar