Chelsie/Ummi Sabet Emas Ketiga Catur SEA Games

Pecatur Indonesia, Ummi Fisabilillah saat menghadapi pecatur tuan rumah Vietnam, Nguyen Thi Mai Hung, Sabtu (21/5/2022). (Foto: RRI/Adi Wiyono)

KBRN, Hanoi: Lagu Indonesia Raya kembali berkumandang untuk ketiga kali di arena catur SEA Games ke-31 Hanoi, Vietnam, mengiringi sukses pasangan WIM Chelsie Monica Sihite dan WIM Ummi Fisabilillah meraih medali emas  nomor catur kilat (blitz chess) tim putri di Quang Ninh Exhibition Center, Halong City, Sabtu (21/5/2022) siang.

Proses raihan medali emas Chelsie dan Ummi sangat menarik, sempat bermain alot di babak pertama dan melaju mulus pada tiga babak berikutya.

Babak 1 Indonesia jumpa Filipina, Chelsie bermain di papan pertama kalah dari WGM Frayna Janelle Mae. Untungnya, pemain papan 2 Ummi ganti mengalahkan WFM Mendoza Shania Mae. Skor  berakhir imbang 1-1.

Selanjutna di babak kedua bertemu Vietnam, tim catur Indonesia tidak ingin kehilangan momentum melumat tuan rumah 1.5-0.5 usai Chelsie menahan remis IM Pham Le Thao Nguyen, dan di papan 2 Ummi berhasil menaklukkkan WGM Nguyen Thi Mai Hung.   

Perjalanan Tim Putri Indonesia semakin tidak tertahan di dua babak berikutnya dengan menundukkan Thailand dengan skor telak 2-0, kemudian di partai akhir menang 1.5-0.5 atas tim Malaysia.

Dengan hasil 4 babak tersebut sudah bisa dipastikan bahwa Tim Putri Indonesia berhasil merebut medali Emas di nomor Blitz Chess Team, karena match point mereka sudah tidak terkejar oleh peringkat ke-2 Filipina yang masih bertanding, walaupun nantinya Filipina menang 2-0 lawan Malaysia.

WIM Ummi Fisabilillah tampil konsisten dengan merebut empat point sebagai pemain papan kedua, dan sukses ini menjadi emas kedua bagi pecatur asal DKI Jakarta itu setelah sebelumnya bersama IM Medina Warda Aulia mempersembahkan medali emas nomor tim catur cepat atau rapid chess.

Sementara bagi Chelsie raihan medali emas memperbaiki penampilan sebelumnya mendapat medali perak nomor catur kilat perorangan putri.

Susanto/Lutfi Rebut Perak

Sedangkan pada kelompok tim putra, tim catur Indonesia bermaterikan GM Susanto Megaranto dan IM Moh. Lutfi Ali harus puas memperoleh medali perak usai finis di urutan kedua dari 5 babak yang dimainkan untuk catur kilat beregu.

Berbeda dengan putri, tim putra Indonesia mengawali laga dengan hasil mengejutkan, kalah ketika jumpa Malaysia dengan skor 0.5-1.5 lewat hasil Susanto bermain remis dengan FM Lim Zhuo Ren, namun dipapan dua Litfi Ali ditundukkan Poh Yun Tian.

Pada tiga babak berikutnya Susanto/Lutfi Ali bermain seri 1-1 dengan tim putra Vietnam, kemudian unggul telak 2-0 atas Thailand, menundukkan Myanmar 2-0 di babak keempat, dan kembali bermain imbang 1-1 dengan Filipina di partai akhir babak kelima.

Dengan hasil itu tim putra Indonesia harus puas mendapat perak sebagai runner up klasemen, sedangkan Vietnam yang berada dipuncak mendapat medali emas dan perunggu direbut tim Filipina.

Dengan tambahan medali di nomor Blitz beregu putra-putri, tim catur Indonesia membawa pulang 3 emas, 4 perak dan 4 perunggu di bawah tuan rumah Vietnam yang meraih 7 emas, 2 perak dan 3 perunggu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar