Pecahkan 3 Rekor SEA Games, Erwin Raih Emas

Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah (kanan) bersama Menpora RI, Zainuddin Amali (kiri), berpose usai upacara penghormatan pemenang pada final kelas 73kg putra angkat besi SEA Games 2021 Vietnam, Sabtu (21/5/2022). Rahmat sukses meraih medali emas dengan total angkatan 345kg dan memecahkan dua rekor angkatan snatch dan satu rekor angkatan clean and jerk. (Foto: RRI/Rian Apridhani)

KBRN, Hanoi: Tambahan medali kembali muncul dari arena angkat besi SEA Games 2021 Vietnam, setelah lifter unggulan Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah, meraih medali emas pada final kelas 73 kg putra. Peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo itu sukses menjadi yang terkuat dengan total 345 kg (155kg snatch/190kg clean and jerk).

Erwin menyingkirkan lifter Thailand, Doungsri Anucha yang mendapat medali perak dengan total angkatan 321kg dan Erry Hidayat Muhammad di tempat ketiga dengan total angkatan 316kg yang sekaligus meraih medali perunggu.

Tampil percaya diri dalam setiap angkatan, Erwin memukau penonton dengan memecahkan sekaligus mencetak dua rekor baru SEA Games untuk angkatan snatch dan satu rekor baru angkatan clean and jerk.

Rekor baru angkatan snatch seberat 150kg pecah saat angkatan kedua dan rekor baru tercipta di angkatan ketiga seberat 155kg. Sementara rekor baru angkatan clean and jerk seberat 190kg tercipta pada angkatan kedua Erwin.

Atlet asal Makassar itu bahkan nyaris memecahkan rekor dunia pada percobaan angkatan ketiga seberat 200kg.

“Memang sudah target (pecah rekor dunia, red) tapi memang sedikit missed,” ujar Erwin usai pengalungan medali di venue angkat besi, Hanoi Sport and Competition Center, Sabtu (21/5/2022).

Sebelumnya, Erwin berhasil mengukir rekor kelas 73kg dengan torehan, 145kg snatch dan 177kg clean and jerk saat SEA Games 2019 Filipina.

Sang pelatih, Erwin Abdullah, yang tidak lain adalah ayah kandung dari Erwin mengaku bangga dengan capaian anak asuhannya. “Dia yang terbaik di Asia Tenggara sejak SEA Games 2019 dan dipertahankan sampai sekarang, tentu saya senang dengan hasil ini,” tandasnya.

Peluang medali dari arena angkat besi SEA Games masih terbuka dari tiga nomor yang dipertandingkan petang ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar