RB Leipzig Juara DFB Pokal 2021-2022

Para pemain RB Leipzig merayakan gelar juara DFB-Pokal 2021/2022 di Olympiastadion Stadium, Berlin, Minggu (22/5/2022) dini hari WIB. (Foto: Twitter Bundesliga)

KBRN, Jakarta: Tim kuda hitam asal Jerman, RB Leipzig berhasil meraih gelar juara Piala Liga Jerman (DFB-Pokal) 2021/2022 usai mengalahkan Freiburg lewat drama adu penalti dengan skor 4-2, usai bermain imbang 1-1 sampai extra time pada laga final yang digelar di Olympiastadion Stadium, Berlin, Minggu (22/5/2022) dini hari WIB.

Freiburg unggul lebih dulu lewat gol Maximilian Eggstein (14’) mereka kian di atas angin usai RB Leipzig harus bermain dengan 10 pemain setelah Marcel Halstenberg diganjar kartu merah di menit ke-57. 

Namun Leipzig berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol Christopher Nkunku (76’), yang mana skor imbang bertahan hingga drama adu penalti.

RB Leipzig akhirnya memenangi pertandingan setelah keempat pemainnya sukses mengonversi menjadi gol. Sementara hanya dua pemain Freiburg yang berhasil menjaringkan bola ke gawang lawan.

RB Leipzig pun keluar sebagai juara DFB-Pokal 2021/2022 dan menyudahi dominasi dari Bayern Munchen dan Borussia dortmund di kompetisi sepak bola Jerman.

Kedua kesebelasan langsung tampil menyerang sejak dimulainya pertandingan. Freiburg dan Leipzig saling jual-beli serangan guna mencetak gol.

Di menit ke-14, Leipzig mendapatkan peluang lewat tendangan Emil Forsberg. Namun, tendangannya masih bisa diamankan dengan sangat baik oleh kiper Freiburg, Mark Flekken.

Freiburg justru berhasil unggul 1-0 lebih dulu atas Leipzig. Adalah Maximilian Eggstein yang mencetak gol tersebut di menit ke-19 setelah tendangan kerasnya tidak dapat diamankan Peter Gulacsi.

Leipzig pun mencoba untuk merespons gol tersebut. Tim besutan Domenico Tedesco ini melancarkan variasi serangannya. Namun, peluang mereka dapat belum ada yang berbuah gol.

Setelah itu, pertandingan bisa dibilang berjalan cukup alot. Pada akhirnya, tidak ada gol tambahan tercipta hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Leipzig memainkan tempo cepat. Mereka berupaya untuk mengejar ketertinggalannya dari Freiburg. Tapi, serangan mereka bangun masih berujung buntu.

Leipzig justru mendapat nasib sial di menit ke-57. Pemain mereka, yakni Marcel Halstenberg, harus diganjar kartu merah oleh wasit. Praktis, tim arahan Tedesco itu bermain dengan 10 pemain.

Tentu, ini bukanlah situasi yang bagus untuk Leipzig. Situasi ini jelas sangat menguntungkan Freiburg karena unggul jumlah pemain. Di menit ke-59, mereka hampir menggandakan kedudukan. Namun, tendangan Roland Sallai masih bisa ditangkap Gulacsi.

Leipzig berhasil membuat kejutan di menit ke-76. Pasalnya, Nkunku sukses mencetak gol ke gawang Freiburg yang mana gol tersebut sekaligus membuat skor menjadi imbang 1-1.

Setelah itu, pertandingan berlangsung sangat sengit. Freiburg yang unggul jumlah pemain justru kesulitan untuk menembus pertahanan Leipzig. Alhasil, hingga peluit panjang dibunyikan, skor tetap imbang 1-1. Pertandingan berlanjut ke babak extra time.

Pada babak perpanjangan waktu, kedua kesebelasan gagal menciptakan gol tambahan. Freiburg melewatkan dua peluang emas setelah sepakan Janik Haberer mengenai tiang gawang, lalu sepakan Nils Petersen menyambut bola rebound melambung. Setelahnya tembakan Haberer kembali digagalkan, kali ini oleh mistar gawang.

Leipzig mampu bertahan setelah Kampl menerima kartu kuning kedua untuk memaksakan pertandingan ditentukan dengan drama adu penalti.

Lewat babak adu penalti, Leipzig berhasil menang atas Freiburg dengan keunggulan 4-2 setelah empat pemainnya mampu mengeksekusi penalti dengan baik. Adapun dua pemain Freiburg yang gagal mengeksekusi penalti adalah Demirovic dan Gunter.

Susunan Pemain

Freiburg: Flekken, Gulde (Keven Schlotterbeck 105'), Kuebler (Schmid 86'), Guenter, Lienhart, Nico Schlotterbeck, Hoefler, Grifo, Eggestein (Haberer 86'), Sallai (Demirovic 79'), Hoeler (Petersen 79')

RB Leipzig: Gulacsi, Halstenberg, Orban, Klostermann, Henrichs, Simakan (Gvardiol 113'), Forsberg (Mukiele 61'), Kampl (Dani Olmo 69'), Laimer (Adams 99'), Nkunku, Andre Silva (Szoboszlai 61').

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar