MotoGP Finlandia 2022 Resmi Dibatalkan

Para pembalap MotoGP menikung di tikungan ke-7 di Sirkuit KymiRing, Finlandia. (Foto: motogp.com)

KBRN, Jakarta: MotoGP telah mengonfirmasi bahwa Grand Prix Finlandia tidak akan berlangsung musim ini karena alasan homologasi, yang membuat musim 2022 menjadi hanya 20 putaran.

Rabu (25/5/2022), Federasi Sepeda Motor Internasional ( FIM), Asosiasi Tim MotoGP (IRTA) beserta Dorna Sports resmi mengumumkan perubahan kalender Kejuaraan Dunia MotoGP musim ini. FIM beserta Dorna Sports akan menunda MotoGP Finlandia hingga musim 2023.

“Pekerjaan homologasi di KymiRing, bersama dengan risiko yang disebabkan oleh situasi geopolitik yang sedang berlangsung di wilayah tersebut, dengan sedih membatalkan Grand Prix Finlandia pada 2022,” bunyi pernyataan resmi MotoGP dikutip dari laman motogp.com.

“Keadaan saat ini telah menciptakan penundaan dan menempatkan pekerjaan yang sedang berlangsung di sirkuit baru dalam risiko.

“Oleh karena itu, semua pihak telah sepakat bahwa debut trek harus ditunda hingga 2023, saat MotoGP berharap untuk kembali ke Finlandia untuk pertama kalinya dalam empat dekade.”

Sebelumnya, Finlandia diumumkan masuk kalender kejuaraan dunia balap motor Grand Prix 2019. Namun, pembangunan trek yang belum rampung, ditambah pandemi Covid-19, membuat lomba MotoGP tak dapat digelar di KymiRing.

Trek sepanjang 4,6 kilometer itu sebenarnya pernah diuji coba oleh test rider dari lima pabrikan yakni Honda, Yamaha, Suzuki, KTM, Ducati serta Aprilia, pada Agustus 2019 lalu.

Bahkan, sebelum pembatalan MotoGP Finlandia 2022, sempat muncul rencana untuk kembali melakukan pengujian pada pertengahan Juni bulan depan. Akan tetapi, kondisi dan situasi rupanya tidak memungkinkan.

Finlandia kali terakhir menjadi tuan rumah kejuaraan dunia balap motor adalah pada 1982 silam, yang bertajuk GP Imatra. Saat ini, Sirkuit KymiRing memegang kontrak penyelenggaraan berdurasi lima tahun.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar