Perjalanan Real Madrid ke Final Liga Champions

Skuad Real Madrid merayakan kemenangan atas Manchester City dan lolos ke final Liga Champions 2021-22. (Foto: realmadrid.com)

KBRN, Jakarta: Real Madrid akan menghadapi tantangan Liverpool di laga final Liga Champions 2021/21. Duel panas ini akan berlangsung di Stade de France, Saint-Denis, Prancis, Minggu (29/5/2022) dini hari WIB. Berikut perjalanan Madrid ke final Liga Champions musim ini.

Real Madrid yang finis di peringkat kedua La Liga musim 2020/21 langsung masuk fase grup Liga Champions. Mereka tergabung di grup D bersama Inter Milan, Sheriff Tiraspol, dan Shakhtar Donetsk.

Real Madrid mengawali fase grup Liga Champions dengan hasil yang baik. Los Blancos berhasil mengalahkan tuan rumah Inter Milan di Giuseppe Meazza.

Pasukan Carlo Ancelotti menelan kekalahan pada pertandingan kedua. Mereka dipermalukan tim debutan asal Moldova, Sheriff Tiraspol.

Namun Los Blancos berhasil bangkit setelah itu. Mereka menyapu bersih kemenangan saat berhadapan dengan Shakhtar Donetsk, Sheriff Tiraspol dan Inter Milan.

Real Madrid mengakhiri fase grup Liga Champions dengan catatan lima kemenangan dan satu kekalahan. Alhasil, Los Blancos melaju ke fase gugur dengan status juara grup D dengan raihan 15 poin.

Undian babak 16 besar tidak menguntungkan Real Madrid. Sebab, Los Blancos harus berhadapan dengan tim bertabur bintang PSG asuhan Mauricio Pochettino.

Pada leg pertama, Real Madrid berstatus sebagai tim tamu. Menghadapi wakil Prancis itu, Los Blancos takluk dengan skor 0-1 di Parc des Princes.

Namun, Real Madrid tampil trengginas pada leg kedua. Mereka mengalahkan PSG dengan skor 3-1 saat bermain di Santiago Bernabeu.

Langkah Real Madrid untuk melaju ke babak perempat final tidak terbendung. Mereka melaju fase berikutnya dengan keunggulan agregat 3-2.

Pada babak perempat final, Real Madrid dipertemukan dengan sang juara bertahan Chelsea. The Blues melangkah ke babak ini setelah menyingkirkan Lille.

Di leg pertama, Real Madrid harus melakoni partai tandang terlebih dahulu. El Real tampil percaya diri dan berhasil mengantongi kemenangan 3-1 di Stamford Bridge.

Keunggulan margin dua gol ternyata tak membuat Real Madrid bisa melalui leg kedua dengan kemenangan. Los Blancos kalah dengan skor 2-3 di Bernabeu. Kendati demikian, Real Madrid tetap berhak lolos ke semifinal. Pasalnya pasukan Carlo Ancelotti unggul agregat 5-4 atas Chelsea.

Di semifinal, Real Madrid harus kembali berhadapan dengan tim yang kuat. Kali ini mereka harus berhadapan dengan Manchester City asuhan Josep Guardiola.

Real Madrid menjalani leg pertama di markas Manchester City. Di laga ini, El Real menyerah dengan skor tipis 3-4 di Etihad Stadium.

Leg kedua di Stadion Santiago Bernabeu berlangsung sangat dramatis. Real Madrid meraih epic comeback setelah menundukkan wakil Inggris itu dengan skor 3-1.

Kemenangan atas Manchester City itu membuat Real Madrid lolos ke final Liga Champions dengan agregat skor 6-5. Mereka akan berhadapan dengan tim Inggris Liverpool di partai puncak.

Ini merupakan ulangan partai final Liga Champions edisi 2018 lalu. Kala itu, Real Madrid mengalahkan Liverpool dengan skor 3-1 dalam laga yang digelar di Kiev, Ukraina.

Pada pertandingan itu, Real Madrid melakukan comeback atas Liverpool. Setelah tertinggal dari gol Sadio Mane, Los Blancos berhasil membalas lewat gol Karim Benzema dan sepasang gol Gareth Bale.

Secara keseluruhan, Real Madrid sudah lolos ke final Liga Champions dalam 16 kesempatan. Hebatnya, tim asal ibukota Spanyol tersebut mampu menang 13 kali. Kini Real Madrid ingin mengejar gelar ke-14 dalam sejarah klub.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar