Panitia Pastikan Tiket FIBA Asia Hanya Dijual Online

Ketua Panitia penyelenggara FIBA Asia Cup 2022 Junas Miradiarsyah memberikan keterangan kepada media usia rapat koordinasi lintas sektoral terkait persiapan FIBA Asia Cup 2022, Senin (27/6/2022). (Foto: RRI/ Niar Abdul Litiloly)

KBRN, Jakarta: Jelang Turnamen Bola Basket FIBA Asia Cup 2022, panitia pelaksana memastikan seluruh tiket akan dijual secara online.

Hal ini disampaikan Ketua Panitia penyelenggara FIBA Asia Cup 2022, Junas Miradiarsyah usai mengikuti rapat koordinasi bersama Menpora Zainudin Amali di Jakarta, Senin (27/6/2022).

“Untuk tiket kita (jual) semua online, termasuk hari pelaksanaan pakai online karena untuk mencoba mengantisipasi hal yg tidak diinginkan. Tidak ada penjualan offline atau on the spot,” kata Junas.

Terkait penjualan tiket, menurut Junas, akan disesuaikan dengan kapasitas Istora Senayan yang akan digunakan sebagai lokasi seluruh pertandingan, di mana dari total kapasitas 7.500 kursi Istora, hanya 70 hingga 75 persen bangku yang akan diberikan kepada penonton.

“Kapasitas 100 persen (Istora) 7.500, tapi kan dipotong oleh area broadcast, area media, area kerja dan sebagainya, itu dipotong sekitar 2.000-an. Jadi yang dipakai itu 5.000. Nah, 5.000 itu kan 70 persen dari totalnya, itulah yang diberikan untuk penonton," jelasnya kepada media usai rapat.

Untuk fasilitas sendiri, Junas mengatakan tidak ada kendala karena menggunakan Istora yang juga sempat digunakan sebagai venue pertandingan basket pada Asian Games 2018 lalu.

“Terkait infrastruktur tidak ada masalah karena memakai Istora yang sudah pernah dipakai sebelumnya. Selain Istora, Hall basket dan GBK Arena akan jadi lokasi pendukung,” tambah dia.

Lebih lanjut Junas menuturkan, secara keseluruhan persiapan penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2022 telah mencapai 90 persen.

“Secara keseluruhan sudah 80 sampai 90 persen, dari FIBA sudah tidak ada komplain lagi, semua sudah dishare ke mereka. Lalu ada laga tanggal 1 dan 4 Juli (kualifikasi FIBA World Cup Window 3 bersama Arab Saudi dan Yordania) itu sekaligus jadi tes event, sebelum event dimulai 12 Juli nanti (FIBA Asia Cup). Tanggal 1 lawan Arab Saudi, tanggal 4 lawan Yordania, dua-duanya jam 19.30,” tutur Junas.

Dijadwalkan FIBA Asia Cup akan berlangsung pada 12-24 Juli 2022. Nantinya, akan ada 16 negara peserta dan terbagi ke dalam 4 grup. Untuk Grup A dihuni oleh tuan rumah Indonesia bersama Arab Saudi, Yordania dan Australia. Grup B diisi China Taipei, China, Korea Selatan dan Bahrain. Lalu di grup C ada Iran, Jepang, Kazakhstan dan Siria. Terakhir di grup D dihuni oleh India, Lebanon, Filipina dan Selandia Baru.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar