Kualifikasi Piala Dunia FIBA: Yordania Kalahkan Indonesia

Timnas Basket Indonesia (jersey putih) menjamu Yordania (jersey hitam) dalam kualifikasi ketiga (Window 3) Piala Dunia FIBA atau FIBA World Cup 2023. Pada laga yang berlangsung di Istora Senayan pada Senin (4/7/2022) Indonesia kembali harus menerima kekalahan dari Yordania dengan skor 52 – 77. Foto: (RRI/ Niar Abdul Litiloly)

KBRN, Jakarta: Tim Nasional Bola Basket Indonesia kembali harus menerima kekalahan usai takluk dari Yordania dalam pertandingan terakhir Grup C kualifikasi ketiga (Window 3) Piala Dunia FIBA atau FIBA World Cup 2023 di Istora Senayan, Jakarta pada Senin (4/7/2022) malam.

Tampil tanpa point guard utama Andakara Prastawa yang tidak berada dalam roster, Coach Toro menurunkan starter Yudha Saputera, Agassi Yeshe Goantara, Brandon Jawato, Derrick Michael, dan Vincent Rivaldi Kosasih. Sementara pelatih Yordania Wesam Al-Sous memainkan para pemain terbaiknya, yakni Dar Tucker Freddy Ibrahim, Ahmad Alhamarsheh, Zaid Abbas, dan Ahmad Al Dwairi.

Timnas Merah Putih sempat unggul pada kuarter pertama. Yudha Saputera membuka poin Indonesia lewat sebuah jump shot. Tembakan tiga angka Derrick dan Agassi membuat Indonesia melesat 8-0. Yordania baru bisa membalas saat 2,5 menit laga berjalan lewat tembakan tiga poin Alhamarsheh.

Setelahnya Yordania mulai mendekat. Pertengahan kuarter pertama, Indonesia hanya memimpin tipis 10-8. Setelah saling menambah poin, Indonesia mengakhiri kuarter pertama dengan keunggulan tipis 18-17 lewat tembakan bebas Derrick.

Kuarter kedua Yordania menggebrak. Sebanyak 13 poin dihasilkan dalam 3,5 menit. Sementara percobaan Indonesia melalui lay up ataupun tembakan tiga angka tak ada yang membuahkan poin. Jawato akhirnya memecah kebuntuan saat kuarter kedua memasuki pertengahan lewat tembakan tiga angkanya. Empat angka tambahan dari Jawato dan satu tembakan bebas Derrick membuat Indonesia mengakhir kuarter kedua dengan tertinggal 11 poin, 26-37.

Pada kuarter ketiga, Indonesia masih kesulitan mengumpulkan poin karena pertahanan rapat Yordania mengamankan paint area. Para pemain Indonesia hanya bisa melakukan percobaan melalui tembakan jarak jauh dan medium shot. Sayangnya, akurasi tembakan para pemain kita buruk sehingga perolehan angka seret.

Sebaliknya, para pemain Yordania selau punya cara menembus pertahanan Indonesia. Saat para pemain timnas basket fokus memperkuat pertahanan di paint area, Yordania menambah poin lewat tembakan jarak jauh. Indonesia hanya mampu menambah empat poin yang membuat Yordania menutup kuarter ketiga dengan keunggulan yang cukup jauh 59-30.

Memasuki kuarter ke empat, Pelatih Yordania Wesam Al-Sous merotasi pemainnya. Ini memberikan kesempatan para pemain Indonesia untuk menambah banyak poin. Empat tembakan tiga angka berturut-turut dari Juan Laurent, Derrick, dan Yudha membuat Indonesia menipiskan selisih menjadi 45-71. Namun buruknya koordinasi defense membuat Yordania masih bisa mencetak banyak poin dan menutup skor dengan keunggulan 77-52.

Pada pertandingan kali ini, Derrick menjadi pencetak angka tertinggi dengan 14 poin dan tambahan 8 rebound. Yudha menyumbang 13 poin, 6 rebound, dan 3 assist.

Sementara dari kubu Yordania, distribusi nyaris merata. Dari seluruh pemain yang diturunkan Pelatih Wesam, hanya Mahmoud Hazaymeh yang tidak mencetak poin. Al Dwairi, Yousef Abuwazaneh, dan Sami Bzai sama-sama menyumbang 11 angka.

Keputusan coach Toro tak memainkan Marques Bolden yang ada dalam roster berpengaruh terhadap rebound tuan rumah. Indonesia hanya mencatatkan total 36 rebound berbanding 56 yang dibuat Yordania. Yordania mendapatkan 36 poin dari paint area berbanding 10 poin yang didapatkan Indonesia.

Berdasarkan hasil pertandingan ini, Indonesia mengakhiri kualifikasi tanpa kemenangan. Sementara Yordania mengoleksi empat kemenangan dari enam pertandingan dan saat ini berada di posisi sembilan di bawah Lebanon.

Meski Indonesia tidak lolos pada putaran berikutnya di kualifikasi FIBA World Cup, namun Indonesia masih berkesempatan bertemu dengan Yordania juga Arab Saudi dan Australia yang sama – sama tergabung bersama Tim Merah Putih pada pertandingan Grup A FIBA Asia Cup 2022 yang akan mulai bergulir pada Selasa (12/7/2022).

Hasil Timnas Basket Indonesia di Grup C Kualifikasi FIBA World Cup 2023

26 November 2021 Lebanon 96-38

29 November 2021 Indonesia 64-110 Lebanon

24 Februari 2022 Arab Saudi 95-66 Indonesia

27 Februari 2022 Yordania 94-64 Indonesia

1 Juli 2022 Indonesia 67-69 Arab Saudi

4 Juli 2022 Indonesia vs Yordania

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar