Hadapi Thailand, Shin Tae-yong Siapkan Skuad Terbaik

Pelatih Kepala Timnas Indonesia Shin Tae-yong saat memberikan keterangan kepada media jelang pelaksanaan Piala AFF U-19, Jumat (1/7/2022). (Foto: RRI/Niar Abdul Litiloly)

KBRN, Jakarta: Tim Nasional (Timnas) Sepakbola Indonesia U-19 akan menghadapi laga berat pada lanjutan penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022. Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan akan bersua Thailand di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (6/7/2022) malam nanti.

Jelang laga penting ini, Pelatih Kepala Timnas Indonesia Shin Tae-yong memastikan akan mempersiapkan tim dengan baik. Karena menurutnya, pasukan Merah Putih tampil apik saat menahan imbang Vietnam di laga perdana grup A akhir pekan lalu.

“Tim yang paling kuat di grup kita (Grup A) itu adalah Thailand dan Vietnam. Tapi para pemain kita bermain dengan baik saat melawan Vietnam, jadi saat menghadapi Thailand juga akan kami persiapkan dengan baik supaya dapat hasil yang baik,” ujar Shin dalam keterangannya kepada media usai laga kontra Brunei Darussalam, Senin (4/7/2022) lalu.

Sebagai pelatih, Shin menyadari bahwa ia harus melakukan persiapan matang bersama Skuad Garuda Nusantara untuk menghadapi Thailand, yang ia sebut sebagai salah satu pesaing berat di Grup A. Karenanya, kesempatan untuk memantau penampilan Thailand selaku calon lawan juga ia manfaatkan dengan baik. Seperti saat ia memantau pertandingan antara Myanmar melawan Thailand.

“Saya memantau Thailand karena di Asia Tenggara mereka adalah tim yang kuat. Jadi saya perlu melihat permainan mereka,” jelas mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu.

Banyak hal harus dipersiapkan Shin dengan baik, termasuk menjaga stamina para penggawa Garuda Nusantara. Seperti keputusan yang ia buat dengan menarik Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh pada babak kedua pertandingan melawan Brunei Darussalam.

“Penarikan Marselino dan Ronaldo di babak kedua adalah untuk menjaga fisik mereka jelang pertandingan melawan Thailand, makanya mereka sengaja diganti,” tutur Shin.

Saat ini indonesia berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup A Piala AFF U- 19 dengan torehan 4 poin, membayangi Thailand di posisi puncak dengan 6 poin. Di posisi ketiga ada Vietnam yang juga mengoleksi 4 poin, namun kalah selisih gol dari Indonesia. Sementara Myanmar dengan 3 poin di posisi keempat, serta di urutan kelima dan keenam ada Filipina dan Brunei Darussalam yang belum memiliki poin.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar