Dua Turnamen Golf Internasional Akan Digelar di Indonesia

Ketua Umum PB PGI Murdaya Po (tengah), Wakil Ketua Umum PB PGI, Agus Suhartono (kanan) dan Wakil SEkjen PB PGI I Putu Gede (kiri) saat konferensi persdi Jakarta (Foto: RRI/Indra Virgiantara)

KBRN, Jakarta: Pengurus Besar Persatuan Golf Indonesia (PB PGI) akan menggelar dua turnamen internasional bergengsi yaitu, Mandiri Indonesia Open 2022 dan Simone Asia Pasific Cup. Kedua turnamen tersebut akan berlangsung pada bulan Agustus mendatang.

Ketua Umum PB PGI Murdaya Po dalam konferensi pers di Pondok Indah Golf Course, Jakarta, Rabu (06/07/2022), mengungkapkan dua turnamen golf internasional ini dapat diselenggarakan setelah kondisi pandemi Covid-19 semakin membaik.

“Selama dua tahun, 2020 dan 2021 kami tidak bisa menyelenggarakan Indonesia Open karena adanya pandemic Covid-19. Tahun ini kita bersyukur kondisi sudah semakin membaik, sehingga kami dapat kembali menyelenggarakan Indonesia Open. Selain itu kami juga akan menggelar turnamen golf professional ladies Simone Asia Pacific Cup,” katanya.

Mandiri Indonesia Open 2022 akan diselenggarakan pada 4-7 Agustus. Simone Asia Pacific Cup pada 18-20 Agustus. Kedua turnamen akan diselenggarakan di Pondok Indah Golf Course, Jakarta. Mandiri Indonesia Open 2022 memperebutkan hadiah total US$500 ribu, sementara Simone Asia Pacific Cup memperebutkan US$750 ribu.

“Setelah absen selama dua tahun, dua turnamen bertaraf internasional ini akan menjadi semangat baru bagi golf Indonesia, terutama  untuk kembali memacu semangta para atlet kita, baik itu pegolf amatir dan professional yang sudah lama tidak dapat ikut dalam kompetisi internasional. Selain itu juga untuk memberikan tontonan menarik bagi para pecinta golf di Indonesia. Kehadiran dua turnemen ini diharapkan semakin banyak pegolf-pegolf dari luar negeri yang datang bermain di lapangan-lapangan golf Indonesia. Kami juga berharap hal ini juga bisa berdampak terhadap pemulihan dan peningkatan industry pariwisata olahraga,” jelas Murdaya Po.

Indonesia Open merupakan turnamen golf kebanggaan Indonesia dan masuk dalam agenda Asia Tour. Turnamen golf ini sudah diselenggarakan sejak tahun 1974. Empat turnamen terakhir berlangsung di Pondok Indah Golf, yaitu tahun 2019 yang dijuarai Miguel angel Carballo, tahun 2018 oleh Justin Harding, tahun 2017 Panupol Pittayarat, dan tahun 2016 Gaganjeet Bhular.

Pondok Indah Golf Course selama ini sudah menjadi tempat berbagai penyelenggaran turnamen internasional, merupakan satu-satunya lapangan golf di Indonesia yang pernah menjadi tuan rumah World Cup of Golf, yaitu pada tahun 1983. Selain itu, lapangan ini juga menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Untuk Simone Asia Pacific Cup, Indonesia menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya, yang diselenggarakan di luar Korea Selatan yang masuk dalam rangkaian Ladies Asian Tour (LAT)1 Series. Turnamen ini merupakan turnamen individual dan juga tim yang mewakili negara.

Total 20 tim dari 16 negara yang akan ikut, yaitu Korea Selatan, Jepang, Thailand, Australia, Selandia Baru, Chinese-Taipei, Myanmar, Amerika Serikat, Hongkong, China, India, Singapura, Malaysia, Filipina, dan Indonesia. Pemain bintang yang akan hadir adalah Lydia Ko, Yealimi Noh, Shi Yuting, dan beberapa pemain LGPA lainnya.

Tuan rumah akan diwakili oleh Tatiana Wijaya, Dea Mahendra, Putri Aisyah Amani, dan Ida Ayu Melati. Putri. Indonesia juga mendapat tambahan spot dua pemain amatir yang akan ditentukan kemudian dalam qualification round.

“Kami berharap dengan adanya turnamen LAT pertama di Indonesia bisa memicu semangat para pegolf putri Indonesia. Semoga akan semakin banyak yang tertarik untuk berprofesi sebagai pegolf internasional,” kata Murdaya Po.

Turnamen golf Mandiri Indonesia Open dan Simone Asia Pacific Cup dapat disaksikan oleh para pecinta golf secara gratis di Pondok Indah Golf Cource, Jakarta.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar