Tidak Ada Lagi Nomor Punggung Enam di NBA

Bill Russell saat mengenakan nomor punggung enam selama 13 tahun kariernya di Boston Celtics. (Foto: Getty Images)

KBRN, New York: NBA akan menghormati mendiang juara 11 kali Bill Russel. Caranya dengan mempensiunkan nomor punggung enam untuk seluruh tim peserta kompetisi.

Bill Russel, legenda Boston Celtics, meninggal dunia dalam usia 88 tahun, bulan lalu. Almarhum dianggap sangat layak untuk menerima penghormatan ini.

Pemain yang saat ini masih memakai nomor punggung enam, termasuk LeBron James, boleh tetap menggunakannya. Namun tidak akan ada lagi pemain baru yang memakai nomor tersebut.

Bill Russell yang dulu menempati posisi center tercatat pernah memenangi 11 cincin juara NBA. Ditambah lima penghargaan sebagai MVP NBA. 

Bill Russel selama 13 tahun berkarier di Boston Celtics. Ia juga menjadi kapten Timnas Basket Amerika Serikat (AS), saat menyabet medali emas di Olimpiade Melbourne pada 1956. 

Tokoh yang lahir pada 12 Februari 1934 dan meninggal pada 31 Juli 2022 ini memberi dampak signifikan dalam sejarah NBA. Misalnya pernah menjadi pelatih kepala kulit hitam pertama di liga, sekaligus menjadi pelopor persamaan hak.

"Keberhasilan Bill Russell ini tidak tertandingi di lapangan. Sebagai aktivis sipil dan persamaan hak, layak dihormati dengan cara yang unik serta bersejarah," kata Adam Silver, Komisioner NBA.

"Dengan menghentikan secara permanen nomor enam di seluruh tim NBA, memastikan bahwa karier transenden Bill Russell akan selalu diakui. Tidak ada yang bisa membantah itu," Adam Silver, menambahkan.

Bill Russell adalah pemain pertama yang nomor punggungnya dipensiunkan di seluruh tim NBA. Sebelumnya Boston Celtics sudah tidak memakai nomor itu sejak lama.

NBA juga akan memberi penghormatan tambahan kepada Bill Russel sepanjang musim 2022-2023. Caranya dengan menempatkan emblem pengingat di bahu kanan kostum pemain.

Di setiap lapangan kompetisi NBA juga ditempatkan logo berbentuk semanggi. Logo itu mencakup angka enam yang posisinya nanti di meja skor.

Puluhan tahun lalu Bill Russell sudah masuk dalam Basketball Hall of Fame. Tepatnya pada 1975 sebagai pemain. Kemudian masuk lagi sebagai pelatih pada 2021.

Bill Russell menjadi orang ketiga yang nomornya dipensiunkan untuk seluruh tim peserta liga. Terutama di empat liga olahraga profesional utama AS dan Kanada.

Major League Baseball (MLB) mempensiunkan jersey nomor 42 untuk legendaris Brooklyn Dodgers, Jackie Robinson, pada 1997. Momen itu menandai 50 tahun sejak Robinson memecahkan batasan warna kulit, yang pernah mengecualikan pemain kulit hitam dari tim MLB. 

National Hockey League (NHL) juga tercatat punya nomor yang dipensiunkan, yaitu 99. Itu untuk menghormati Wayne Gretzky, legenda NHL yang ditetapkan pada 2000.*

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar