Sunarti: Saya Senang Menjadi Saksi Olimpiade Tokyo

KBRN, Jakarta: Perhelatan akbar dunia Olimpiade Tokyo 2020 tengah berlangsung dari 23 Juli hingga 8 Agustus 2021 mendatang. Ajang ini mendapat apresiasi dari warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Tokoyo.

Sunarti (25) seorang perawat yang bekerja di sebuah panti perawatan lanjut usia di Tokyo senang dapat menyaksikan kemeriahan Olimpiade Tokyo.

"Saya senang sekali bisa menjadi saksi sejarah acara Olimpiade Tokyo. Meskihanyabisanonton di televisi, tapi saya sudah senang," ujar Sunarti yang sudah 2 tahun tinggal di Jepang dalam siaran pers KBRI Tokyo yang diterima RRI.co.id, Rabu (28/7/2021).

Sunarti bersama ratusan orang yang berkumpul di depan Japan Olympic Museum (Museum Olimpiade Jepang) di kawasan Shinjuku Tokyo tepat di depan Olympic Stadium atauStadion Olimpiade Tokyo, pada Sabtu (24/7/2021). 

Mereka datang sendiri atau bersama keluarga dan teman mengantri dengan tertib untuk berswafoto di depan logo Olimpiade. 

Hajime (40) seorang warga Jepang yang datang bersama keluarga juga ikut mengantri foto di depan logo Olimpiade.

"Saya ajak anak istri saya untuk merasakan suasana dan semaraknya Olimpiade. Tidak masuk ke arena untuk menonton langsung pertandingan buat kami tidak masalah yang penting kami gembira," kata Hajime. 

Selain berfoto di depan logo Olimpiade, warga juga berfoto lebih kurang 100 meter di depan gerbang Stadion Olimpiade dan di sekitarnya. Di gerbang itu di tempatkan pos penjagaan untuk pemeriksaan kartu identitas Olimpiade bagi atlet, pelatih dan ofisial serta tamu undangan. 

Selain pemeriksaan kartu identitas,juga dilakukan pengukuran suhu badan. Akses kendaraan menuju lokasi juga ditutup. 

Olimpiade Tokyo digelar tanpa penonton dengan pertimbangan pencegahan pandemi Covid-19. 

Saat pembukaan Jumat (23/7), selain kontingen,  hanya ratusan tamu undangan dan pejabat yang dibolehkan masuk ke Stadion Olimpiade yang berkapasitas 68.000 orang itu. 

Warga harus puas menyaksikan kemeriahan pembukaan Olimpiade hanya dari layar televisi. (foto: KBRI Tokyo)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00