Kasus Pajero Tabrak Becak Berujung Damai

KBRN, Palembang : Lakalantas antara Mitsubishi Pajero Sport nopol BG 1525 RR yang menabrak tiga becak (dua diantaranya bentor) pada pertengahan Desember tahun lalu kini berakhir secara damai.

Dalam peristiwa itu, seorang pengemudi becak, Syamsudin (68) tewas setelah ditabrak mobil yang dikendarai M Fajri (37) di Jalan KH Ahmad Dahlan Pasar Gubah kota Palembang.

Dikonfirmasi Kasatlantas Polrestabes Palembang, Kompol Irwan Andesta mengatakan, perkara tersebut sudah diselesaikan secara Restorative Justice antara kedua belah pihak yakni M Fajri pengendara roda empat dengan pihak korban, sebagaimana dituangkan dalam Perpol nomor 08 tahun 2021.

“Karena kedua belah pihak baik dari pengendara roda empat dengan pihak korban telah melakukan kesepakatan perdamaian,” ungkap Kasatlantas Polrestabes Palembang Kompol Irwan Andesta dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Kamis (27/1/2022).

Ia juga menyampaikan, selain telah melakukan perdamaian antar kedua belah pihak, M Fajri juga telah memenuhi kewajiban apa yang menjadi hak-hak dari para korban kecelakaan itu.

Menurutnya, Restorative Justice bisa saja dilakukan antara kedua belah pihak karena telah memenuhi syarat formil dan materilnya, seperti tidak adanya unsur kesengajaan dalam peristiwa ini.

“Serta adanya permintaan dari pihak keluarga para korban, agar untuk diselesaikan mekanisme perkara di luar pengadilan yakni dengan cara Restorative Justice. Berbeda halnya jika ada unsur kesengajaan dalam peristiwa ini,” tegasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar