Satlantas Polres OKU Tertibkan Kendaraan ODOL

Foto : Humas Polres OKU

KBRN, OKU : Personel Satuan Lalu Lintas Polres Oku gencar melaksanakan sosialiasi dan himbauan tentang penertiban kendaraan ODOL (Over Dimension dan Over Loading) kepada pengendara yang melintas di Jalan Lintas Baturaja. Senin (16/5/2022).

Kapolres Oku AKBP Danu Agus Purnomo melalui Kasat Lantas Polres Oku Akp Sutrisman menjelaskan terkait kendaraan pengangkut telah diatur dalam Pasal. 307 Undang-Undang Lalu Lintas yang isinya setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor angkutan umum barang yang tidak mematuhi ketentuan mengenai tata cara pemuatan, daya angkut, dimensi kendaraan sebagaimana dimaksud dalam pasal 169 (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau paling banyak Rp. 500 Ribu.

"Maka dengan ketentuan tersebut dihimbauan kepada pengemudi truk untuk mengangkut muatan tidak berlebihan atau sesuai standar saja." kata Sutrisman.

Bila kendaraan memiliki muatan yang berlebihan bisa menimbulkan bahaya seperti memperlebar titik buta pengendara, membatasi ruang gerak, pengereman tak maksimal dan bisa menimbulkan kerusakan kendaraan di tengah jalan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar