Kakanwil Pembina Upacara HSN 2021 di Sumsel

Foto : Humas Kemenag Sumsel

KBRN, Ogan Ilir : Upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2021 di Sumatera Selatan diperingati di Lapangan Pondok Pesantren Ittifaqiah kabupaten Ogan Ilir, Jumat (22/10/2021). Kakanwil Kemenag Sumsel Mukhlisuddin bertindak sebagai pembina upacara pada peringatan HSN tersebut.

Menteri Agama dalam sambutannya disampaikan Kakanwil Mukhlisuddin menuturkan, peringatan Hari Santri Tahun 2021 mengangkat tema Santri Siaga Jiwa Raga.

“Maksud tema Santri Siaga Jiwa Raga adalah bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela Tanah Air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia. Siaga Jiwa berarti santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada  akidah, nilai, dan ajaran Islam  rahmatan lil'alamin serta tradisi luhur bangsa Indonesia,” tuturnya.

Dikatakan, bila zaman dahulu jiwa santri selalu siap dan berani maju untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, maka santri hari ini tidak akan pernah memberikan celah masuknya ancaman ideologi yang dapat merusak persatuan dan kesatuan Indonesia. Siaga Raga berarti badan, tubuh, tenaga, dan buah karya santri didedikasikan untuk Indonesia. Oleh karena itu, santri tidak pernah lelah dalam berusaha dan terus berkarya untuk Indonesia.

“Jadi, Siaga Jiwa Raga merupakan komitmen seumur hidup santri yang terbentuk dari tradisi pesantren yang tidak hanya mengajarkan kepada santri-santrinya tentang ilmu dan akhlak, melainkan juga tazkiyatun nafs, yaitu mensucikan jiwa dengan cara digembleng melalui berbagai 'tirakat' lahir dan batin yang diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,”

Hadir pada upacara HSN ini Asisten I Pemprov Sumsel Rosidin Hasan, Forkompimda Ogan Ilir, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Ogan Ilir M. Kholil Azmi, Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Evi Zurfiana Azom, Pimpinan Pesantren Ittifaqiah KH. Mudrik Qori, serta perwakilan organisasi massa se-Kabupaten Ogan Ilir. bebernya. (humas)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00